Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengendalikan Komputer Dari Jarak Jauh

 

Pernahkah kamu terbayang untuk mengakses data komputer di tempat kamu kerja saat kamu sedang duduk dirumah? Karena kepentingan mendesak yang mengharuskan kamu memerlukan file dokumen yang ada di dalam komputer kantor tersebut?


Kamu dapat melakukannya dengan melakukan konfigurasi sederhana untuk mengakses komputer kerja yang ada di kantor tanpa perlu pergi ke kantor. Mungkin alasannya karena jarak kantor yang jauh atau mungkin alasan yang lain. Ada berbagai cara untuk melakukan hal ini, salah satunya menggunakan Windows Remote Dekstop. Dibawah ini akan kami akan menjelaskan cara kendalikan komputer dari jarak jauh.


Menggunakan Windows Remote Desktop (PC)

Aktifkan Remote Desktop pada komputer yang ingin kamu kontrol. Kemudian pada komputer lainnya juga yang ingin kamu kontrol, maka harus mengaktifkan Remote Access juga sehingga komputer lain dapat terhubung. Kamu dapat mengaktifkan fungsi ini pada Windows versi Pro atau Enterprise dari windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Cara ini mengharuskan kita berada di jaringan yang sama dengan komputer yang ingin diakses, baik melalui router maupun melalui VPN.

  • Pertama masuk ke Control Panel, klik System and Security, kemudian klik System. Klik pada menu "Remote Settings" di sisi sebelah kiri windows.
  • Kemudian periksa kotak "Allow remote connections to this computer". Kamu dapat menyesuaikan beberapa opsi lanjutan.
  • Tambahkan pengguna. Kamu perlu mengatur mana pengguna yang dapat login dari jarak jauh. lalu Klik tombol "Select User", kemudian klik tombol Add. Setelah itu pilih pengguna yang ingin kamu ditmbahkan.
  • Cari nama sistem. Jika kita terhubung ke komputer, maka perlu mengetahui nama sistem. Kamu dapat menemukannya dengan bantuan mesin pencarian di Windows.
  • Matikan mode Sleep. Ini karena kamu tidak akan bisa terhubung ke komputer yang sedang dalam keadaan sleep atau di Hibernate. Pastikan untuk menonaktifkan ini apabila ingin menghubungkannya dari jarak jauh.

- Pertama buka Control Panel, lalu pilih Power Options.
- Klik "Change plan settings" pada sebelah active plan.
- Set Sleep dan Hibernate ke Never. Klik "Simpan perubahan".