Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Kasir Digital POS

Sebagai pemilik bisnis retail pasti kamu akan menghadapi berbagai rintangan dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Pasalnya seorang pemilik bisnis retail dituntut untuk bisa multitasking. Selain itu juga harus mampu mengatur inventory barang, penjualan, sampai purchasing. Karena inilah yang mendorong pentingnya aplikasi kasir Point of Sales (POS). 

Inilah fitur aplikasi POS yang banyak diminati yaitu sebagai berikut:


1. Jual di Toko Sekaligus Jual Online

Program kasir digital ini cukup handal ketika digunakan dan juga serba guna. Selain itu, aplikasi yang paling diminati yaitu POS memungkinkan kamu untuk merasakan layanan penjualan di toko offline maupun online. Penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan database yang sama. Sehingga laporan keuangan yang dibuat tetap sinkron walaupun penjualan dilakukan dari toko online, program kasir, maupun aplikasi mobile.


Adanya fitur ini, kamu sebagai pemilik bisnis jadi mampu menghargai waktu pelanggan. Sebab mereka dapat memanfaatkan fitur online delivery atau online reservation tanpa harus datang secara langsung ke toko fisik. Bahkan bisnis restoran di masa sekarang juga menghadirkan sistem POS dengan fitur kenyamanan memesan di tempat menggunakan online dine-in yang bisa dilakukan langsung dari ponsel.


2. Optimal di iOS, Android, maupun Windows

Fitur aplikasi POS yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis di kalangan retail yakni optimasi sistem pada perangkat iOS, Android, serta Windows. Tentu ini sangat penting agar berbagai perangkat yang dimiliki oleh sang pengelola bisa terhubung dengan sistem POS yang nantinya akan digunakan untuk mengelola bisnis.


3. QRIS

QRIS atau quick response code Indonesian standard merupakan standarisasi pembayaran dari Bank Indonesia yang menggunakan metode QR Code. Fitur QRIS pada aplikasi POS ini tentu membantu proses transaksi menjadi lebih cepat, mudah, dan juga efektif. Hal ini karena satu QR Code bisa dipindai oleh semua aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan cara tersebut.


Proses transaksinya cukup melakukan scan, klik, lalu bayar. Kamu tidak perlu repot melewati berbagai tahapan. Selain itu notifikasi transaksi juga langsung diterima dan membuat efisiensi waktu terjaga. Mempunyai fitur aplikasi POS seperti ini dapat menambah nilai plus usaha kamu, karena masyarakat milenial banyak membutuhkannya.


4. Manajemen Inventaris

Manajemen inventaris adalah satu hal penting yang dan tidak dapat dilepaskan dari bisnis retail atau restoran sekalipun. Mungkin kamu akan merasa kesulitan dalam melakukan reordering jika tidak didukung oleh data yang akurat dan secara real-time. Tetapi dengan adanya aplikasi POS, kamu dapat menghindari masalah tersebut.


5. Mendukung Offline dan Online

Fitur yang mampu mendukung offline dan online juga cukup diminati oleh para pemilik bisnis. Sebab sistem kasir yang Handal ini memang memerlukan hal demikian agar transaksi yang dilakukan ketika kondisi offline otomatis tersinkronisasi kembali apabila kamu sudah terhubung ke jaringan internet.


6. Laporan Secara Real Time

Fitur aplikasi POS lainya yang sangat diminati selanjutnya yaitu laporan penjualan. POS akan mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis dan data tersebut nantinya bisa membantu kamu melihat produk mana yang paling diminati. Melalui informasi ini, kamu dapat mengontrol ketersediaan barang dengan lebih mudah.


Fitur laporan secara real time ini dapat dikatakan paling dicari dari sisi manajemen bisnis. Pasalnya keputusan bisnis yang tepat bisa diperoleh dengan mengandalkan data data dalam laporan. Ini berarti kamu bisa memantau pengelolaannya meski sedang meeting di luar kota maupun sedang bersantai di rumah bersama keluarga.


7. Fitur Absensi

Belakangan ini fitur absensi juga menjadi salah satu fitur aplikasi POS yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Melalui fitur ini, kamu dapat mencatat serta melaporkan semua manajemen kehadiran mulai dari absen masuk dan pulang karyawan, shift kerja karyawan jam berapa, dan lain sebagainya.


Dengan beragam fitur seperti yang di atas, tidak heran apabila POS disebut sebagai aplikasi kasir digital serba bisa karena manfaat yang diberikan begitu banyak untuk bisnis. Di mana banyak fitur lengkap dapat kamu dapatkan ketika menggunakannya.