Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reksa Dana Saham: Solusi Investasi Jangka Panjang untuk Mencapai Tujuan Finansial!

Sesuai namanya, reksadana saham merupakan jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari dana investasi yang di alokasikan dalam bentuk efek bersifat ekuitas atau saham. Karena mayoritas portofolionya ada di efek saham, maka sifat dan pergerakan reksadana ini mirip dengan sifat dan pergerakan saham, yakni fluktuatif.


Reksadana saham ini mempunyai fluktuasi tinggi, artinya dapat naik dan turun dalam jangka waktu yang singkat. Namun, dalam jangka waktu panjang, reksadana jenis ini berpotensi tumbuh lebih tinggi apabila dibandingkan jenis produk reksadana lain.


Tujuan dari investasi reksadana saham yaitu untuk pertumbuhan harga saham atau unit pada jangka waktu yang  panjang. Risikonya investasi reksadana saham cenderung lebih tinggi apabila dibandingkan dengan reksadana pasar uang maupun reksadana pendapatan tetap, namun berpotensi mempunyai tingkat pengembalian yang paling tinggi (high risk high return).


Oleh karena itu, investasi di reksadana saham cocok untuk investasi jangka panjang, yakni di atas 5 tahun. Contoh tujuan keuangan jangka panjang misalnya untuk pendidikan anak, liburan ke luar negeri, ataupun untuk persiapan dana pensiun.


Siapa yang cocok berinvestasi dalam reksadana saham?

Setelah mengetahui sifatnya yang high risk high return, tentu saja investasi pada jenis reksadana saham ini cocok untuk investor yang mempunyai profil risiko tingkat tinggi atau agresif.


Pemilik profil risiko agresif ini sangat siap untung besar dan juga siap rugi besar (risk taker). Orang dengan profil risiko agresif siap kehilangan sebagian besar bahkan seluruh dana investasinya demi imbal hasil yang besar juga, lantas bagaimana dengan profil risiko investasi kamu?