Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajar dan Pekerja Jadi Incaran! Raih Keuntungan Besar dari Investasi Rumah Kost!

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai keuntungan dari investasi properti, terutama bagi kamu yang tertarik dengan investasi rumah kost.

Hal yang harus di ketahui bahwa investasi ini memerlukan modal yang dibutuhkan dalam investasi properti cukup besar, namun keuntungannya juga sebanding dan bahkan bisa lebih besar jika kamu dikelola dengan baik.

Untuk kamu yang tertarik dalam bisnis investasi rumah kost, mari simak pembahasan berikut untuk menambah pengetahuan kamu mengenai keuntungan investasi rumah kost.


Keuntungan Investasi Rumah Kost

Pada bagian pertama ini, mari kita bahas mengenai berbagai keuntungan yang akan diperoleh oleh para investor properti rumah kost.


#1 Peminat Tergolong Masih Banyak

Investasi rumah kost menempati peluang yang masih sangat besar mengingat peminat dari penyewa kamar kost cenderung tinggi. Apabila kamu perhatikan, kebutuhan akan sekolah dan pendidikan sangatlah tinggi dan hal ini sejalan dengan kebutuhan akan tempat tinggal, terutama untuk para mahasiswa yang berasal dari luar kota atau luar pulau.

Apabika kamu tinggal di kota besar, biasanya akan banyak sekolah tinggi serta universitas yang merupakan destinasi pendidikan untuk para calon mahasiswa. Ini merupakan kesempatan bagi kamu dalam mendapatkan keuntungan dari peluang besar ini. Terlebih jika kamu memberikan banyak fasilitas yang memadai untuk para calon penyewanya.

Fasilitas yang menunjang misalnya seperti Wi-Fi, ruang belajar khusus serat taman, hal ini akan memberikan kenyamanan tambahan untuk mereka. Terlebih ada juga lahan parkir yang kamu sediakan sebagai fasilitas tambahan. Tentunya biaya sewa akan semakin tinggi dan kamu perlu menyesuaikan dengan target pasar kamu. 

Bukan hanya kawasan universitas, jika kamu mempunyai rumah kost di kawasan perkantoran, itu juga sangat menguntungkan. Ini karenae mereka yang sudah bekerja tentu akan memerlukan fasilitas yang cukup berbeda dengan para mahasiswa dan tentunya fasilitas serta harga perlu disesuaikan dengan target pasar.


#2 Capital Gain

Bisnis investasi pada rumah kost, kamu dapat memperhatikan pergerakan capital gain dari investasi tersebut pada jangka menengah dan panjang. Seiring dengan bertambahnya waktu, harga tanah di Indonesia mengalami kenaikan, berbanding lurus dengan inflasi.

Pada setiap detiknya investasi properti pasti juga akan naik dan untuk kamu para investor properti, keuntungan capital gain ada di tangan kamu. Menurut para pakar, investasi rumah kost memberikan nilai capital gain yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi rumah sewa maupun lahan kosong.

Selain kamu dapat menjual fisik bangunan, kamu juga dapat menjual jasa dalam investasi rumah kost ini.


#3 Menambah Nilai Jual

Investasi rumah kost bisa memberikan kamu peluang untuk semakin kreatif untuk mengembangkan usaha bisnis tersebut. Lalu seperti apa caranya? Lihatlah kebutuhan dari rata-rata para penyewa kamar kost. Kamu bisa membuka bisnis laundry kiloan untuk para penghuni rumah kost dan untuk masyarakat umum juga.

Tentunya hal ini akan sangat membantu para penghuni rumah kost, terutama mereka yang mempunyai aktivitas yang padat serta mobilitas yang tinggi. Daripada mereka mencuci baju di luar, selain jauh dan mungkin mahal, kamu dapat menawarkan jasa laundry yang jauh lebih terjangkau dan kualitas yang sama baiknya.


 #4 Pendapatan Tiap Bulan

Memiliki pemasukan setiap bulan menjadi jaminan keuntungan yang akan didapatkan dari sebuah investasi rumah kost. Namun, ini juga tergantung dari tata cara pengelolaan kamu untuk mengatur sistem pembayaran sesuai dengan kesepakatan antara kamu sebagai pihak pemilik rumah kost dengan penyewa rumah kost. 

Sistem pembayaran rumah kost bervariasi. Ada yang per bulan, ada juga yang tiga atau enam bulan, bahkan ada yang tahunan.