Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raih Cuan dari Emas dengan Strategi Trading Price Action!

Emas sudah menjadi mata uang universal yang dapat digunakan dimanapun. Dalam situasi perekonomian global akhir-akhir ini, para investor berlomba-lomba memburu emas (XAU/USD). Minat tersebut mengakibatkan harga emas meroket sejak tahun 2009 lalu, seperti yang bisa kamu periksa pada grafik perkembangan harga emas. Lantas, apa yang membuat emas begitu menarik di mata investor?


Alasan Harus Berinvestasi Emas

Emas menjadi salah satu instrumen investasi favorit investor untuk mendulang banyak keuntungan. Hal ini berawal dari hilangnya kepercayaan investor pada pemerintahan dan beberapa negara maju yang berhutang melebihi kemampuan untuk membayarnya. Sebagai contohnya, Euro yang beberapa tahun lalu sempat dilirik sebagai safe haven baru, faktanya bermasalah dengan utang negara-negara anggotanya yang tidak kunjung selesai.


Dari situlah , banyak investor yang beralih ke instrumen investasi emas. Menurut pendapat seorang pakar analis yang bernama Nic Brown, korelasi antara harga emas dengan US Dollar selalu negatif. Artinya, jika nilai emas naik, maka nilai Dolar akan turun. Begitu juga sebaliknya.


Gejolak pasar juga menjadi alasan salah satu alasan para pelaku pasar beralih ke emas. Ketika pasar dipenuhi ketidakpastian, harga saham-saham biasanya juga akan jatuh, sementara emas justru akan menguat. Kondisi ini biasa disebut sebagai risk aversion atau keadaan dimana para pelaku pasar lebih  menghindari aset yang berisiko tinggi.


Manfaat Bantuan Price Action dalam Trading Emas

Price action sudah lama menjadi metode yang begitu umum di forex. Metode ini sangat mengandalkan pengamatan seorang trader pada momen terbentuknya formasi bar saat kondisi pasar tertentu. Lantas bagaimana dengan penerapannya dalam trading emas?


Strategi trading emas dengan metode price action mengandalkan skill membaca pergerakan harga pasar apa adanya tanpa bantuan indikator apapun. Pada dasarnya, metode ini membutuhkan pengamatan yang teliti pada formasi bar atau setup action pergerakan harga emas, sehingga kamu akan mendapatkan sinyal-sinyal trading yang cukup akurat. 


Kiat Penting Seputar Trading Dengan Price Action

Ketika hendak memulai strategi trading emas dengan price action, kamu harus benar-benar paham tentang dasarnya. Pada artikel ini kami akan memberikan pencerahan mengenai dasar-dasar strategi trading emas dengan price action versi Galen Wood.


Siapakah Galen? Galen Wood adalah seseorang yang sudah melewati pahit manis dunia trading selama kurang lebih 10 tahun. Berawal saat kehadirannya di seminar mengenai trading option, ia mulai belajar dan mengeksplorasi berbagai strategi trading yang sesuai gayanya.


Setelah ia belajar selama bertahun-tahun, ia memantapkan dirinya untuk memilih metode Price Action. Galen Wood juga mengatakan bahwa tidak ada cara trading yang paling menguntungkan. Ia juga mengatakan bahwa seorang trader hanya perlu menemukan metode trading yang masuk akal dan bekerja dengan baik selama trading.

 

1. Esensi Price Action

Pada dunia trading, price movement atau pergerakan harga pasti akan terjadi dan terus berubah. Galen berpendapat jika metode price action adalah studi pergerakan harga untuk mengetahui apa yang telah, sedang, dan akan terjadi di pasar.


Trader yang menggunakan metode price action tidak bergantung pada indikator teknikal. Beberapa alat bantu yang digunakan hanya terbatas pada Moving Average serta garis-garis level Fibonacci Retracement. Pada praktiknya, seorang trader dengan metode price action akan melakukan entry dan exit sesuai perubahan formasi bar candlestick. Itulah dasar yang perlu kamu pahami terlebih dulu. 


2. Manfaat Price Action

Metode ini cukup tepat dalam memahami bagaimana sentimen pasar saat ini. Sebagai seorang trader, pemahaman mengenai sentimen pasar sangatlah berpengaruh dalam menentukan titik entry dan exit secara tepat. Tanpanya, maka bayangkan saja seperti kamu mengendarai mobil dalam keadaan menutup mata.


Terlepas dari manfaat tesebut, Galen menekanan jika metode tersebut tidak sesederhana seperti yang dipahami. Bagaimanapun juga, kamu tetap harus berlatih, belajar, riset, dan juga siap menerima risiko trading emas dengan price action.


3. Time Frame Yang Cocok untuk Price Action

Tidak ada satupun Time Frame yang menjamin akan hasil yang bagus. Namun, Galen memberikan beberapa pertimbangan dalam menentukan Time Frame terbaik dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.


  • Berapa banyak risiko yang siap kamu terima?
  • Berapa banyak waktu yang dapat kamu luangkan untuk trading?
  • Seberapa cepat analisa price action kamu?
  • Seberapa volatile dan likuid pasar trading kamu?
  • Bagaimana cara trading kamu?


Galen menegaskan bahwa tidak ada yang benar maupun salah mengenai Time Frame. Hal yang terpenting pada poin ini yaitu memilih Time Frame yang sesuai dengan kondisi kamu. Jika perlu, terapkan Time Frame berbeda, kemudian lakukan evaluasi untuk mengukur keefektifannya.  


4. Trading dengan Indikator vs Price Action

Pemikiran semacam ini harus kamu buang jauh-jauh karena keduanya sangat penting dalam trading. Jikapun kamu tidak bisa memilih salah satu, sebaiknya eksplorasi keduanya secara langsung. Kemudian, putuskan sendiri manakah pilihan yang paling cocok dengan gaya trading kamu. Penggunaan trik price action yang diiringi indikator teknikal dapat menjadi konfirmasi sinyal yang lebih tepat. 


5. Price Action Sebagai Analisa Teknikal

Analisa teknikal adalah proses pengumpulan data-data pada pasar misalnya seperti harga, volume, sampai waktu. Karena price action fokus pada pergerakan harga serta waktu, maka metode ini dapat dikatakan sebagai analisa teknikal.