Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Android Studio? Yuk Cari Tau Lebih Dalam

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Android Studio

Berikut ini pembahasan mengenai Android Studio yang merupakan perangkat lunak resmi yang di dukung oleh google untuk mengembangkan sistem android.


Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah terlepas dari smartphone. Teknologi ini di dominasi oleh dua jenis perangkat, yaitu Android dan iPhone.

Di antara keduanya, Android menjadi yang paling populer. Hal ini membuat developer berkesempatan untuk mengembangkan aplikasi dengan pengembangan Android.

Lalu, apa itu Android studio? Mari simak penjelasan berikut.

 

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Android Studio

Android Studio merupakan perangkat lunak resmi yang di dukung oleh google untuk mengembangkan sistem Operasi Android.

Selain mengembangkan sistem, Android Studio ini dapat merancang sistem Android menggunakan beberapa perangkat lunak yang di dukung Android. Perangkat lunak ini memilik banyak fitur yang bisa meningkatkan produktivitas pengguna.

Fungsi dari Android studio atau Lingkungan Pengembangan Terintergrasi (IDE), adalah sebagai wadah pengembangan aplikasi Android berbasis IntelliJ IDEA.

IDE merupakan program komputer yang memiliki beberapa fitur untuk mengembangkan software. Aplikasi ini menggunakan build system , template code, emulator, dan integrasi github gradle.

 

Dengan mempelajari dan memahami sistem perangkat lunak Android Studio ini, kamu dapat membuat aplikasi yang di inginkan. Dengan kemudahan tools, kamu juga dapat melakukan testing aplikasi.

Hal ini tentu bisa membuatmu lebih produktif dan lebih efisien dalam melakukan pekerjaan. System Android yang dapat mendukung banyak versi semakin memudahkanmu dalam membuat aplikasi.

Emulator yang fleskibel, menjadikan semakin mudah dalam pembuatan aplikasi. Kamu hanya hanya perlu melakukan drag and drop di lembar kerja.

Dengan beberapa keuntungan yang di berikan, para pembuat aplikasi dan programmer dapat dengan mudah untuk mengembangkan dan membuat aplikasi Android.

 

Fitur-fitur yang ada pada perangkat lunak ini cukup banyak dan mudah di gunakan bagi pemula maupun professional.

Setelah di akusisis oleh google, Android studio mengalami banyak perubahan, termasuk fitur. Salah satu fungsi pada fiturnya adalah lingkungan terintegrasi untuk mengembangkan aplikasi di semua perangkat Android.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat belajar mengenai bahasa pemrograman dan ilmu codingan. Di dalam studi mengenai Android terdapat beberapa referensi saat menulis sintaks.

Sintaks merupakan Bahasa pemrograman yang berisi symbol, angka dan kata. Dengan itu, kamu tidak perlu mencari tahu kegunaan pada seriap sintaks yang ada.

 

Cara Unduh dan Instalisasi

Sebelum melakukan instalasi Android Studio ini, kamu perlu memperhatikan sepesifikasi komputer atau laptop. Hal ini agar aplikasi dapat berjalan dengan baik di komputer kamu.

  • Minimal RAM 3 GB ≥ 8GB
  • Minimal penyimpanan 2 GB. Direkomendasikan 4GB
  • Resolusi untuk layer 1280 × 800

Aplikasi ini dapat kamu unduh dengan mudah di internet. Perangkat lunak pengembang Android ini dapat di jalankan pada windows, mac, dan linux.

Selain itu, terdapat SDK dengan beberapa macam jenis di dalamnya, jika kamu ingin mencoba untuk melakukan instalasi silahkan ikuti tutorial di bawah ini :

1. Buka file Setup Android Studio yang telah di unduh. Kemudian klik Next

2. Saat jendela Selamat datang muncul, klik Next.

3. Selanjutnya, pilih komponen tambahan. Centang pada Android Virtual Device. Lalu Next

4. Tentukan lokasi instalasi pada komputer. Klik Next

5. Tentukan nama Aplikasi yang akan di tampilkan pada start menu. Lalu klik Install. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Jika kamu sudah berhasil melakukan instalasi Android Studio atau perangkat pengembangan android ini, kemudian buka aplikasi tersebut, setelah itu ikuti proses instalasi SDK.

SDK merupakan tools yang di perlukan dalam pengembangan aplikasi berbasis Android. Dengan SDK programmer dapat membuat atau mengembangkan aplikasi baru.

 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai aplikasi android developer . Dengan mengetahui pengertian, dungsi seta manfaatnya, maka akan dapat memudahkanmu untuk mulai membuat aplikasi.

Dari penjelasan Android Studio di atas apakah kamu tertarik untuk menjadi android developer? Cobalah untuk memulai membuat beberapa aplikasi yang kamu inginkan.