Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Touchscreen Error Pada HP Android

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Error Pada HP Android
Berikut tutorial cara memperbaiki touchscreen yang error pada hp Android agar berfungsi dengan normal.


Saat ini hampir semua smartphone menerapkan teknologi touchscreen dalam pengoperasiannya termasuk pada hp Android.

Penggunaan touchscreen dinilai lebih memudahkan para pengguna dan membuat tampilan ponsel menjadi lebih menarik.

Namun karena touchscreen menjadi komponen yang paling sering digunakan, permasalahan juga tak bisa terhindari.

Beberapa pengguna Android mengeluhkan masalah pada touchscreen yang error sehingga tak bisa merespon sesuai dengan perintah.

Jika hal tersebut terjadi mungkin saja penyebabnya bukan dari komponen touchscreen yang rusak, melainkan terdapat masalah lain seperti memori penuh, cache yang menumpuk, ram penuh dan lain-lain.

Maka dari itu yuk simak cara memperbaiki touchscreen yang error pada hp Android.

 

Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Error Pada HP Android

1. Restart HP

Cara memperbaiki touchscreen error pada hp Android yang pertama adalah dengan melakukan restart ulang hp.

Terkadang ponsel terdapat bug dan permasalahan lainnya pada software yang membuatnya tidak berjalan dengan semestinya, misalnya seperti error pada bagian touchscreen.

Maka dari itu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut kamu bisa melakukan restart hp sehingga seluruh bug atau permasalahan bisa teratasi.

Dalam beberapa kasus merestart hp menjadi solusi errornya perintah pada layar ponsel. '

2. Menghapus sebagian memori

Bukan hanya bug saja yang membuat touchscreen hp menjadi error, melainkan bisa saja dari memori perangkat yang penuh baik itu memori internal ataupun RAM.

Kondisi memori yang penuh baik itu memori internal maupun RAM akan mengganggu kinerja smartphone termasuk pada layar.

Untuk memperbaiki touchscreen yang error tersebut kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan atau menghapus file yang tidak begitu penting.

Selain itu kamu juga bisa menghentikan sementara beberapa aplikasi yang tidak digunakan jika RAM dalam kondisi yang penuh.

Jika kamu tidak ingin menghapus aplikasi dengan kondisi memori yang sudah penuh, kamu bisa pilih opsi lain dengan membersihkan cache yang menumpuk pada aplikasi.

3. Aktifkan safe mode

Cara memperbaiki touchscreen yang error selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur safe mode yang biasanya ada pada ponsel Android.

Saat kamu mengaktifkan fitur safe mode maka sistem operasi akan menonaktifkan seluruh aplikasi dari pihak ketiga dan hanya mengaktifkan aplikasi bawaan sistem saja.

Jika touchscreen pada hp kamu error dan berfungsi dengan normal setelah mengaktifkan safe mode maka permasalahan bisa saja di sebabkan karena aplikasi pihak ketiga.

Biasanya aplikasi tersebut terdapat bug atau tidak kompatibel dengan ponsel sehingga menyebabkan touchscreen menjadi error.

4. Melakukan uji sentuh

Untuk mengetahui kondisi layar maka kamu bisa melakukan uji sentuh agar bisa mendiagnosa permasalahan pada layar.

Kamu bisa melakukan uji sentuh menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti touchscreen test, screen test pro atau multi touch tester.

Apabila pada pengetesan terdapat bagian yang tidak bisa di sentuh maka kerusakan bisa saja karena komponen touchscreen itu sendiri.

Jika ini yang terjadi maka untuk memperbaiki touchscreen yang error tersebut dengan menggantinya dengan yang baru.

5. Lepas pelindung layar

Pelindung layar seperti anti gores dan tempered glass menjadi aksesoris yang penting untuk melindungi layar ponsel dari risiko tergores ataupun pecah ketik terjatuh.

Kendati demikian, penggunaan pelindung layar juga bisa mengurangi sensitivitas pada layar sentuh. Jika layar hp kamu error maka bisa mencoba untuk melepas pelindung layar tersebut

 

Demikian artikel singkat mengenai penyebab dan cara memperbaiki touchscreen ponsel Android yang error, semoga bermanfaat ya.