Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Reksa Dana Campuran? Yuk Cari Tahu!

Apa itu Reksa Dana Campuran? Yuk Cari Tahu!


Reksa dana campuran di artikan sebagai bentuk investasi berisiko rendah namun produktif. Reksa dana juga merupakan salah satu sarana investasi berisiko rendah yang dapat di pilih.

Di bandingkan dengan reksa dana lainnya, dana campuran atau hybrid justru menawarkan lebih banyak keuntungan. Agar tidak bingung, berikut adalah penjelasan apa itu reksa dana campuran

 

Pengertian Reksa dana Campuran

Reksadana di maknai sebagai jenis aset investasi gabungan di mana dana di alokasikan ke berbagai instrumen seperti saham, obligasi, dan pasar uang (deposito).

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka menengah hingga panjang, pilihan tersebut sangatlah cocok.

Perhatikan bahwa reksa dana merupakan jenis investasi yang memiliki profil risiko sedang dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun.

Berdasarkan peraturan yang di tetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksadana campuran tidak dapat melebihi alokasi 79%, dengan komposisi deposito 0-20% dan obligasi dan saham 1-79%.

Namun secara umum, pembagian persentase komposisi instrumen investasi tersebut bergantung pada sistem manajemen aset yang mengelolanya.

 

Keunggulan Investasi Campuran

1. Investasi yang Terdiversifikasi

Setelah memahami apa itu reksa dana campuran, Anda perlu mengetahui berbagai keuntungannya. Keuntungan pertama yang bisa di dapatkan yaitu investasi yang terdiversifikasi .

Ketika Anda menggunakan reksadana ini maka bisa mengalokasikan dana ke dalam jenis instrumen apapun. Hal inilah yang membuat investasinya terkesan sangat menguntungkan.

Ketika Anda melakukan investasi reksadana campuran dan kemudian mengalami penurunan harga saham maka Anda bisa mulai berfokus pada instrumen lain seperti pasar uang dan obligasi.

Dengan adanya sistem terdiversifikasi ini maka Anda dapat meminimalisir setiap resiko investasi. Anda tidak akan mengalami kerugian atau kekeliruan yang sangat fatal.

2. Minim Modal

Reksa dana campuran di artikan sebagai alternatif investasi yang bisa di lakukan dengan modal yang relatif kecil. Oleh karena itu, ketika Anda ingin berinvestasi maka perlu menentukan jenis produk investasi yang tepat.

Anda bahkan bisa menemukan investasi yang hanya membutuhkan modal sebesar Rp 10.000 sampai dengan Rp 100.000 saja

Hal unik berikutnya yaitu bahkan Anda juga bisa mendapatkan laba bersih bebas pajak dengan melakukan investasi ini.

Melakukan investasi merupakan ide yang terbaik untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk masa depan.

Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk memulai investasi demi kesejahteraan hidup di masa yang akan datang

3. Imbal Hasil yang Lebih tinggi

Memilih investasi ini mampu membuat Anda cenderung menghasilkan keuntungan atau hasil dalam jumlah yang tinggi.

Hal tersebut dapat terjadi karena segala investasi di lakukan dengan penyetoran dana melalui berbagai jenis instrumen.

Ketika membahas instrumen saham maka harga yang di tetapkan bersifat fluktuatif. Dengan begitu maka untuk mendapatkan imbal hasil yang optimal perlu jangka waktu 3-5 tahun.

Anda perlu bersabar dalam melakukan investasi ini untuk bisa memperoleh keuntungan besar. Investasi ini bisa di katakan sebagai jenis investasi jangka panjang yang mampu memberikan keuntungan menjanjikan.

Namun hal yang perlu di pastikan bahwa Anda perlu menyiapkan strategi serta analisis terbaik untuk bisa memprediksi kemungkinan keuntungan yang bisa di peroleh dari reksa dana campuran ini.

4. Bisa Di cairkan Kapan Saja

Keuntungan terakhir yang bisa di peroleh dari investasi reksadana yaitu mempunyai likuiditas tinggi sehingga dapat melakukan pencairan dana kapan saja.

Setelah selesai melakukan transaksi maka Anda akan berkesempatan untuk mencairkan dana paling lambat selama 7 hari kerja.

 

Itulah penjelasan tentang apa itu reksa dana campuran, 4 hal yang disebutkan diatas merupakan kemungkinan keuntungan yang bisa di peroleh ketika Anda memutuskan untuk melakukan investasi.

Dengan banyaknya keuntungan yang di peroleh maka tidak ada alasan untuk Anda tidak memulainya.

Sebelum melakukan transaksi pembelian maka Anda perlu memahami lebih dalam tentang apa itu investasi reksa dana campuran. Selamat berinvestasi!