Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Utama Mental Block yang Menghambat Kehidupanmu

Mental block adalah salah satu faktor yang sangat menghambat kehidupan kita. Ada lima ciri utama seseorang mengalami dan terhambat oleh mental block mereka.

Dalam artikel ini kami akan membahas ciri-ciri seseorang yang mempunyai mental block secara ringkas. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai ya.


Ciri-ciri Mental Block

1. Repetisi Pola Negatif

5 Ciri Utama Mental Block yang Menghambat Kehidupanmu
Foto: freepik

Pernah tidak mengalami berbagai kesialan yang terus berulang? Mengalami berbagai hal-hal negatif yang mungkin kejadiannya di tempat berbeda dengan aktor berbeda tapi intinya sama.

Repetisi pola negatif yang terus berulang ini menjadi salah satu ciri bahwa kamu sedang mengalami satu program negatif. Program negatif itulah yang kemudian kita kenal dengan mental block.

Orang-orang yang sangat sering mengalami pengulangan-pengulangan hal buruk, pengulangan pola yang sangat tidak nyaman, sejatinya sedang terpenjara oleh program yang tertanam di pikiran bawah sadar kita. Dan inilah mental block sejati yang sedang menghinggapi dirimu.

Jika ini terus dibiarkan, maka kamu akan berkutat dengan masalah yang sama dalam waktu yang lama. Pertanyaannya, apakah kamu nyaman dengan semua itu? 

Sebagai contoh: "Katakanlah Lisa, dia punya pola asmara yang sangat buruk. Beberapa kali berhubungan sangat serius dengan orang yang sangat diharapkan, ternyata orang tersebut menghianatinya.

Lelaki yang sangat ia cintai pergi dengan orang lain, selingkuh dengan wanita lain, dan ini terus berulang. Dia tidak mengerti kenapa itu terjadi".

Jika memang ini menjadi bagian dari pola yang terus terjadi, inilah contoh nyata dari mental block.

Inilah ciri bahwa kamu mengalami mental block. Coba kita evaluasi, pola apa sih yang terus berulang dalam hidup kita?

2. Sulit Bahagia

Sulit Bahagia
Foto: freepik

Ciri kedua seseorang yang punya mental block adalah mereka sangat sulit bahagia, mereka tidak bisa bahagia tanpa syarat.

Mereka mudah banget kecewa, mudah banget sedih, mudah banget merasa tidak nyaman, merasa galau, dan berbagai jenis emosi negatif lainnya.

Sudah punya uang, kamu tetap saja merasa tidak nyaman. Sudah punya pekerjaan dan karir bagus, tapi tetap saja hidup merasa hampa.

Sudah punya pasangan yang sangat baik, tapi kok tidak lengkap juga ya? Ada yang salah. Rasa tidak nyaman, tidak tenang, tidak bahagia, ini adalah cermin bahwa ada mental block yang menghambat dirimu.

3. Kerja Keras Tidak Ada Hasil

Kerja Keras Tidak Ada Hasil
Foto: freepik

Kamu sudah melakukan effort yang sangat besar tapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan. 

Mungkin kamu pernah bertemu dengan orang yang kayaknya hidupnya santai banget, apa yang dia lakukan juga tidak jauh beda dengan kita, tapi justru hasil yang dia capai jauh lebih baik.

Dengan usaha yang sama, ternyata ada orang lain yang mendapatkan hasil berbeda. Sementara kita dengan usaha yang kayaknya luar biasa, hasilnya seperti itu itu saja. Kerja kerasmu seolah tidak ada artinya.

Kondisi ini mencerminkan ada masalah nih dengan program dalam dirimu, ada masalah dengan mentalmu sehingga kamu tidak bisa maksimal. Kerja kerasmu tidak benar-benar mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

Coba deh dievaluasi, ada tidak sih orang-orang yang kelihatannya melakukan hal yang sama, persis dengan yang kamu lakukan tapi hasil mereka berbeda.

Mereka bisa mendapatkan hal yang jauh lebih besar, jauh lebih baik, sementara kamu yang sudah bekerja sangat luar biasa, sudah melakukan berbagai usaha yang serius, ternyata hasilnya jauh dari harapan. 

Ini pertanda bahwa kamu harus evaluasi diri, ini pertanda ada mental block di dalam dirimu.

4. Hidup Seperti Roller Coaster

Hidup Seperti Roller Coaster
Foto: freepik

Pernah tidak mengalami hidup seperti roller coaster, naik tinggi banget kemudian tiba-tiba jatuh? Ya, ini adalah salah satu contoh bahwa pondasi mentalmu lemah. Dan ini juga cermin bahwa kamu punya mental block.

Orang yang mengalami kegagalan terus berulang, naik sebentar kemudian jatuh lagi. Naik lagi jatuh lagi, terus seperti itu. Maka dia harus melakukan sesuatu kalau tidak hidupnya akan terus seperti itu.

Mental block itu tidak ada bedanya dengan sebuah pondasi rumah. Kalau pondasinya kuat maka rumah itu akan kokoh.

Tapi kalau pondasinya rapuh maka setelah dia meninggikan temboknya, potensinya akan roboh, inilah hidupmu. Mungkin karirmu naik, tiba-tiba saja ada hal yang membuatmu tiba-tiba turun. 

Mungkin secara finansial kamu punya penghasilan yang besar tapi ada saja hal yang membuat uang itu tiba-tiba habis, begitu seterusnya.

5. Hidup yang Stuck

Hidup yang Stuck
Foto: freepik

Ciri terakhir, hidupmu stagnan hanya di situ-situ saja. Ingin keluar bingung, ingin berkembang bingung. Rasanya semua penuh hambatan, rasanya jalan ini terasa sempit.

Mau ke sana ada masalah, mau ke sini ada masalah, terlalu banyak benturan yang kamu rasakan sehingga hidupmu gak kemana-mana, stuck di situ saja.

Stagnan yang terjadi dalam hidup kita ini adalah ciri bahwa ada mental block yang menghambat kita, mental block yang menjadi penjara yang membuat kita tidak bisa kemana-mana.

Apakah kamu nyaman dengan hidup yang model seperti ini? Hidup dengan masalah yang terus berulang, hidup dengan stagnan yang amat panjang.

Hidup dengan roller coaster dan naik turun yang selalu bergantian atau hidup susah mendapatkan rasa bahagia.

Jika kamu nyaman dengan hidup yang model seperti ini ya silhakan dilanjutkan. Jika tidak, lakukan sesuatu.

Pada akhirnya, pilihan ada di tangan kamu, kamu mau terus menjalani hidup yang seperti itu saja atau berubah.