Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apapun Situasimu Hari ini, Jangan Pernah Lupa Untuk Memilih Bahagia

Apapun Situasimu Hari ini, Jangan Pernah Lupa Untuk Memilih Bahagia
freepik.com

Sesulit apa pun jalan yang harus kamu tapaki, seberat apa pun beban yang harus kamu pikul, serumit apa pun masalah yang harus kamu selesaikan, kamu masih bisa untuk bahagia.

Sementara itu, meskipun mungkin jalanmu mudah, walaupun mungkin kamu mendapatkan keberlimpahan, bahkan jika kamu mendapatkan begitu banyak hal yang sesuai dengan harapanmu, kamu masih bisa untuk tetap sedih, kamu masih bisa untuk kecewa, karena bahagia dan sedih, bahagia dan kecewa itu pilihan.

Oleh karena itu, apa pun situasi yang kamu hadapi hari ini, jangan pernah lupa untuk memilih bahagia. Karena hidup tanpa rasa bahagia itu adalah hidup yang sangat merugikan.

Lantas, bagaimana caranya agar kita tetap bisa bahagia walaupun kita mungkin berhadapan dengan begitu banyak masalah, meskipun kita harus menapaki beban yang sangat berat, walaupun kita harus menyelesaikan masalah yang sangat rumit?

Dalam artikel ini kami akan membahasnya secara ringkas agar kita selalu bahagia dan mudah untuk merasa bahagia.


Cara Hidup Bahagia

Cara Hidup Bahagia
freepik.com

Percaya atau tidak, hidup itu tidak ada yang sempurna, selalu ada sisi lemah, selalu ada sisi kurang yang akan kita temukan dalam perjalanan hidup kita ini.

Tidak ada harapan yang sepenuhnya akan terpenuhi, tidak ada ekspektasi yang semuanya akan terwujud, selalu saja ada sisi di mana kita tidak suka, di mana kita kecewa.

Mungkin kamu berharap mendapat pekerjaan yang mudah dan nyaman dengan gaji yang tinggi, tapi ternyata setelah kamu mendapatkan semuanya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya terlalu panjang. Akibatnya kamu terpaksa mengorbankan waktu untuk keluargamu. 

Mungkin kamu bisa mendapatkan istri yang sangat cantik, tetapi sayangnya dia pencemburu, sehingga kamu tidak bisa pergi ke mana-mana.

Mungkin kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sangat dekat dengan rumah, tetapi sayang bayarannya tidak terlalu tinggi. 

Sementara ketika kamu harus bekerja di tempat yang jauh dengan bayaran yang tinggi, kamu terpaksa meninggalkan keluarga. Ya, memang begitulah hidup, selalu ada sisi yang tidak sempurna, selalu ada kekurangan dan kelebihan.

Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu menemukan sisi baik, sisi positif, sisi yang menyenangkan dan kita harus mampu bersyukur atasnya.


Kemudian kita harus mampu menerima dan berdamai dengan realita. Kita harus mampu berdamai dengan ekspektasi yang ternyata tidak sesuai dengan realita yang kita hadapi.

Jika ternyata kamu mendapatkan pekerjaan yang sangat menyenangkan dengan gaji yang besar, tetapi terpaksa jauh dari keluarga, maka bersabarlah dan bersyukurlah, karena rezekimu sangat besar, meskipun kamu harus jauh dari keluargamu.

Pada titik ini, bersyukur atas rezeki dengan jumlah uang yang banyak adalah hal yang harus kita fokuskan. Karena dengan cara inilah kita bisa bahagia.

Ketika kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih dekat dari rumahmu, walaupun mungkin secara finansial tidak terlalu besar, maka di titik ini bersyukurlah, karena kamu bisa bertemu dengan keluargamu setiap saat dan kapan pun. 

Sementara banyak orang di luar sana memiliki waktu yang sangat terbatas untuk keluarga mereka walaupun mungkin uangnya cukup banyak.

Pendek kata, cobalah menemukan sisi positif dan sisi baik dari apa yang ada di depan kita, kemudian bersyukur dengan itu semua dan bersabar dengan semua kekurangan yang harus kita hadapi. Pada akhirnya, titik fokusmu adalah yang menentukan. 

Dalam hidup kita pasti ada harapan yang terwujud, tetapi juga ada harapan yang tidak sesuai dengan realita.

Jika kita menempatkan fokus kita pada sesuatu yang belum terwujud, pada realita yang tidak sesuai dengan harapan kita, maka kita pasti akan kecewa. 

Namun, jika titik fokus kita pada realita yang telah sesuai dengan harapan kita, di titik itu kita akan mudah bersyukur dan kita pasti akan mudah untuk bahagia.


Bahagia itu Adalah Pilihan

Bahagia itu Adalah Pilihan
freepik.com

Ketika kita memilih untuk menikmati apa yang ada, menerima apa yang terjadi, dan kemudian selalu optimis dengan apa yang akan terjadi di masa depan, di titik inilah kita pasti akan selalu bahagia.

Pada akhirnya, bersabarlah dengan realita yang kamu temui. Meskipun semuanya tidak sesuai dengan harapan, terimalah, ambillah pelajaran, lihatlah sisi lain dan lihatlah sisi positif dari semua itu.

Pasti kita akan mendapat sesuatu yang mungkin tidak pernah kita pikirkan selama ini. Kita harus percaya bahwa Tuhan itu Maha Penyayang kepada kita.

Ada hal baik yang mungkin jika kita mampu merenungkannya, kita pasti bisa mendapatkannya.

Belajarlah untuk selalu bersabar, belajarlah untuk berdamai dengan realita, dan dengan cara ini kamu akan selalu bisa bahagia.

Terkadang ketika kita berhadapan dengan sebuah realita yang sangat tidak ideal dan kita akan membayangkan sebuah realita ideal yang lebih sesuai dengan keinginan kita. 

"Andaikata ini ada, pasti akan nyaman." "Andaikata saya punya ini, saya pasti akan bisa melakukannya." 

Jika kita terperangkap dalam situasi ini, maka kita akan sulit untuk beradaptasi dan sulit untuk bahagia.

Terima saja apa yang ada di depan kita. Dengan kita menerimanya, kreativitas akan muncul, dan kita akan banyak belajar dari situasi yang tidak ideal itu.

Menerima realita yang tidak sesuai dengan harapan adalah cara terbaik agar kita bisa memilih untuk bahagia. 

Baca juga: Cara Jitu Menghilangkan Stres! Hidup Jadi Lebih Tenang

Pada akhirnya, apa pun situasimu, ayo tetap bahagia karena bahagia itu mudah, asal kita mau memilihnya.