Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Utama Kesuksesan Adalah Kesabaran, Kalau Ingin Sukses Maka Harus Sabar!

Kunci Utama Kesuksesan Adalah Kesabaran, Kalau Ingin Sukses Maka Harus Sabar!
freepik.com

Kesuksesan dibangun melalui sebuah proses, bukan sesuatu yang instan yang bisa diraih dalam semalam.

Ketika kita bertemu dengan orang-orang sukses, entah itu sahabat kita, rekan bisnis, atau mungkin idola kita, satu hal yang harus kita pahami adalah bahwa proses yang mereka lalui untuk mencapai titik ini tidaklah mudah. Itu membutuhkan waktu dan yang terpenting kesabaran.

Kesabaran inilah yang menjadi kunci terbesar dalam menentukan apakah kita bisa sukses atau tidak.

Banyak orang hebat yang gagal karena mereka tidak sabar, banyak orang cerdas yang sulit berhasil karena mereka juga tidak sabar. 

Banyak investor yang hancur karena mereka terlalu tergesa-gesa ingin kaya dan kurang sabar dalam prosesnya.

Singkatnya, kesabaran adalah rahasia terbesar yang wajib kita miliki agar kita bisa membangun kesuksesan dalam jangka panjang.

Hal ini sejalan dengan nasihat yang pernah diberikan oleh Bill Gates. Ia pernah menyampaikan bahwa "Kesabaran adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam jangka panjang."

Di dunia keuangan dan investasi, kesabaran adalah modal terpenting jika kita ingin sukses.


Loke Hong dan Warren Buffett, dua orang investor ternama dalam banyak kesempatan menyampaikan bahwa kesabaran adalah modal. Jika kamu mampu bersabar dalam berinvestasi, kamu punya potensi besar untuk sukses.

Dalam sebuah kesempatan, Loke Hong pernah mengatakan bahwa "Uang itu mengalir dari mereka yang tidak sabar menuju kepada mereka yang sabar."

Dalam dunia pasar modal, orang-orang yang tidak sabar biasanya akan panik ketika mereka tahu bahwa saham mereka turun. Pada titik ini, mereka akan menjual sahamnya.

Ini adalah kesempatan bagi orang-orang yang sabar, pada titik inilah terjadi perpindahan uang dan kekayaan dari orang-orang yang tidak sabar kepada orang-orang yang memiliki kesabaran tinggi.

Warren Buffett pernah memberikan nasihat bahwa "Kesuksesan membutuhkan waktu dan kesabaran adalah investasi yang sangat berharga untuk membangun kesuksesan itu."

Kesimpulannya jelas bahwa dua orang hebat yang tidak lain adalah maestro investasi, Loke Hong dan Warren Buffett, menekankan pentingnya kesabaran dalam proses berinvestasi.

Tentu saja ini juga harus kita cermati, jika kita ingin sukses dalam dunia keuangan, maka kesabaran menjadi kunci terpenting.


Elon Musk pernah mengatakan bahwa "dalam proses membangun kesuksesan, kesabaran adalah teman terbaikmu."

Pada titik ini, isyarat kuat yang disampaikan oleh Elon Musk kepada kita adalah bahwa jika kita ingin sukses, kesabaran harus menjadi sahabat terbaik kita dalam setiap waktu, dalam setiap proses, dalam setiap perjalanan.

Kesabaran juga terkait dengan tiga hal penting:

1. Kekuatan untuk Bertahan dan Tidak Menyerah

Orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang memiliki kekuatan besar untuk tidak berhenti dan tidak menyerah.

2. Optimis

Dalam kesabaran juga terdapat sikap optimis, keyakinan bahwa suatu saat saya akan berhasil. Kekuatan untuk bertahan yang kita miliki harus diimbangi dengan rasa optimis yang tinggi. 

Orang-orang yang memiliki rasa optimis tinggi terhadap impiannya akan terus berjuang, akan terus melakukan apa saja, akan terus belajar sampai akhirnya mampu menjadi lebih baik dan kemudian meraih apa yang dia inginkan.

3. Pengendalian Diri

Orang-orang yang memiliki kesabaran tinggi berarti mereka mampu mengendalikan diri untuk tidak menyerah.

Mampu mengendalikan diri untuk selalu yakin, mampu mengendalikan diri untuk terus belajar, dan mampu mengendalikan diri untuk mengambil tindakan dan keputusan yang tepat pada saat yang tepat.

Singkatnya, apa pun yang menjadi tujuan hidupmu, apa pun yang sedang kamu perjuangkan, kamu harus memiliki kesabaran, karena kesabaran adalah senjata rahasia orang-orang sukses.


Kesabaran adalah sebuah mesin dengan kekuatan tinggi yang sulit dihentikan dan akan terus bergerak apa pun yang terjadi. Pada akhirnya, kesabaran akan menghasilkan keindahan pada saat yang tepat dan ketika kita siap.

Ketika kita bersabar, ketika kita terus berproses, ketika kita tetap optimis, dan ketika kita terus memperbaiki diri, pada waktunya keindahan itu akan mekar ketika kita siap.

Bisa jadi yang membuat kita gagal hari ini bukan karena kita tidak serius, tetapi karena saat ini bukanlah waktu yang tepat atau kita memang belum siap.

Pada titik ini, kesabaran akan menghadirkan keindahan pada saat yang tepat dan ketika kita siap.

Apa yang terjadi dengan orang-orang yang tidak sabar dalam proses? Pertama, mereka akan mudah bosan, mudah menyerah, dan mudah berpindah ke hal lain.

Mereka baru berproses sekitar 30% dan belum selesai, kemudian mereka mengakhirinya, lalu memulai sesuatu yang baru.

Mereka berharap mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat. Namun setelah berproses 30% lagi, mereka pun menyerah dan beralih ke hal lain.

Dalam waktu mungkin 5 tahun, mereka akan selalu mencoba hal baru dan selalu juga gagal. Bukan karena mereka tidak berusaha, tetapi karena mereka belum mampu menumbuhkan kesabaran untuk melihat sesuatu hingga tuntas.


Misalnya seperti ini: Ada dua orang petani yang menanam pohon mangga. Kita tahu bahwa pohon mangga baru bisa berbuah setelah kurang lebih 4 tahun.

Baru 1 tahun, petani pertama mulai mengeluh dan mengatakan, "Kok lama banget ya pohon ini nggak berbuah?" Karena dia tidak sabar dan merasa bosan merawatnya setiap hari tanpa mendapatkan hasil, dia memotong pohon mangga tersebut dan menggantinya dengan pohon durian.

Setelah sekitar setahun, dia bertanya lagi, "Kok pohon durian ini nggak berbuah juga ya?" Dia pun kembali memotongnya dan menggantinya dengan pohon jambu. Begitu seterusnya selama 4 tahun.

Akhirnya dalam 4 tahun, dia menanam 4 tanaman yang berbeda dan tidak ada satu pun yang bisa berbuah.

Sementara itu, petani kedua selama 4 tahun tetap merawat pohon mangga. Pada tahun keempat dia mulai memanen hasilnya.

Pada titik ini petani pertama merasa iri, "Kok dia bisa panen tapi saya nggak?" Inilah ilustrasi sederhana yang menunjukkan betapa pentingnya kesabaran dalam proses.

Jika kita tidak sabar berarti kita sedang memilih untuk gagal. Inilah gambaran tentang pentingnya kesabaran dalam proses membangun kesuksesan.