Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rahasia Membangun Kesuksesan dengan Kekuatan Fokus!

Fokusmu adalah suksesmu, kalimat sederhana ini menggambarkan betapa pentingnya kita memiliki titik fokus yang jelas dalam proses membangun kesuksesan.


Mengapa fokus ini sangat penting? 

Dalam artikel ini kami akan membahas 5 alasan mengapa fokus itu sangat penting dalam proses membangun kesuksesan. 

1. Fokus kita akan menentukan langkah dan tindakan kita

5 Rahasia Membangun Kesuksesan dengan Kekuatan Fokus
freepik.com

Ketika kita fokus pada hal yang tidak penting, maka tindakan kita juga tidak penting dan langkah kita juga salah.

Masalahnya sering kali kita tidak mengenali apa yang menurut kita penting dan tidak penting dalam hidup kita ini.

Kadang kita terjebak seolah-olah sesuatu itu penting padahal sebenarnya tidak. Singkat kata, kita tidak punya prioritas dalam menjalani hidup.

Karena kita tidak punya prioritas, akhirnya kita tidak punya fokus. Di titik inilah kita punya potensi terjebak dengan menempatkan fokus pada hal yang seharusnya tidak penting.

Akhirnya, karena tindakan kita tidak penting, perilaku kita tidak penting, maka pencapaiannya juga tidak penting. Semua berawal karena kita tidak punya fokus.

2. Fokus membuat kita bisa lepas dari distraksi

Fokus membuat kita bisa lepas dari distraksi
freepik.com

Dalam dunia yang sangat kompleks dan cepat berubah dengan informasi yang sangat pesat, kita mudah terdistraksi oleh hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Di sini fokus akan menjadi filter; kita akan tahu apa yang penting dan apa yang tidak, kita akan tahu apa yang bermanfaat dan apa yang tidak.

Ketika kita sudah fokus pada satu titik, maka hal-hal lain yang sebenarnya adalah distraksi akan mampu kita atasi.

Banyak kegagalan terjadi bukan karena kita tidak serius dalam berusaha, tetapi karena kita terlalu sering terdistraksi dalam berproses.

Ketika kita sedang serius mengerjakan sesuatu, kadang ada orang yang menghampiri kita dan mengajak melakukan hal lain yang kelihatannya lebih menarik.

Kadang-kadang kita lupa dengan fokus kita. Pada titik ini kita telah terseret oleh distraksi yang sebenarnya bertentangan dengan tujuan kita.

Maka milikilah fokus yang jelas agar kita mampu melepaskan diri dari distraksi yang ada di sekitar kita, terutama jika kamu sulit mengatakan "tidak."

Fokus akan sangat membantu untuk membuat kamu mengatakan "tidak" ketika terlalu banyak ajakan datang padamu dan kamu merasa enggan untuk menolaknya.

Ketika kamu punya fokus yang kuat, kamu akan punya kemampuan untuk mengatakan "tidak" untuk menghindari distraksi yang sebenarnya mengganggu.

3. Fokus itu penting dalam membangun kesuksesan

freepik.com

Fokus akan membuat kita mampu menemukan peluang. Henry Ford pernah mengatakan bahwa ketika Anda fokus pada tujuan Anda, segala sesuatu di sekitar Anda akan menjadi peluang.

Dalam proses membangun kesuksesan, rintangan dan peluang datang bersamaan. Semua tergantung pada fokus kita.

Jika kita terlalu banyak mengeluh dengan apa yang kita alami dan merasa semuanya berat, akhirnya rintangan itu menjadi titik fokus kita.

Namun ketika kita fokus pada tujuan kita, kita akan mampu menemukan peluang di balik setiap rintangan itu dan berproses dengan cara yang lebih baik.

Di titik ini, apakah kita memilih untuk fokus pada rintangan atau memilih untuk fokus pada peluang, semuanya tergantung pada diri kita sendiri.

Namun satu hal yang pasti, semakin kuat fokus kita pada tujuan, semakin mudah kita mengubah segala sesuatu di sekitar kita menjadi peluang.

4. Ketika kita fokus, kita bisa menjadi lebih produktif

Ketika kita fokus, kita bisa menjadi lebih produktif
freepik.com

Saat kita fokus, kita mampu menggunakan waktu dengan baik, menggunakan energi kita dengan baik, dan menggunakan pikiran kita dengan baik, sehingga semuanya akan membuat kita menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Artinya dalam satu waktu kita bisa menjadi lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak dengan nilai yang bisa jadi lebih tinggi.

Steve Jobs pernah mengatakan bahwa fokus adalah kunci untuk mencapai produktivitas maksimal.

Hal ini sangat benar, karena ketika kita benar-benar fokus semua upaya kita diarahkan untuk menghasilkan sesuatu dengan kualitas terbaik dalam waktu yang lebih singkat, dengan biaya yang lebih rendah.

Jadi, orang-orang yang mampu fokus adalah orang-orang yang pada akhirnya akan lebih produktif dibandingkan dengan orang-orang di sekitarnya.

Pada titik ini, produktivitas menjadi kunci untuk membangun kualitas diri dan membangun kesuksesan kita.

5. Fokus itu adalah energi

Fokus itu adalah energi
freepik.com

Di mana kita menempatkan fokus kita, disitulah kita menempatkan energi kita. Jika kita menempatkan fokus pada hal-hal yang tidak bermanfaat, maka kita sedang menyia-nyiakan energi kita.

Dalam proses membangun kesuksesan, kita membutuhkan energi yang sangat besar dan salah satu sumber energi itu adalah pikiran kita.

Jika kita mampu menggunakan energi pikiran untuk hal yang baik, maka proses kita akan baik. Namun sebaliknya, jika kita menempatkan energi pada hal-hal negatif, energi itu bisa menjadi penjara dan hambatan bagi kita.

Ketika seseorang fokus pada hal negatif, maka yang dia pikirkan juga negatif, sehingga tindakannya juga memiliki potensi negatif yang akhirnya hasilnya juga negatif.

Ketika seseorang fokus pada ketakutannya, dia akan berpikir macam-macam, banyak hal negatif yang dia pikirkan sehingga dia menjadi lemah dan tidak berbuat apa-apa. Akhirnya rasa takut itu menjadi penjara.

Pada titik ini energi fokus dari ketakutan yang menjadi titik utama perhatiannya telah membuatnya terpenjara.

Namun sebaliknya, ketika seseorang fokus pada peluang, dia akan mampu menggunakan energinya untuk memanfaatkan peluang itu menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dan lebih bernilai.

Akhirnya, di mana kita menempatkan fokus kita, di situlah kita mengarahkan energi kita dan di titik itu kita sedang dalam proses melakukan manifestasi dan menciptakan realitas sesuai dengan keinginan kita.


Jadi, berhati-hatilah dengan cara kita menggunakan fokus kita. Gunakanlah fokus kita dengan sangat baik, karena fokus memiliki peran penting dalam kehidupan kita ini.