Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Impian Hingga Kamu Benar-Benar Sukses!

Impian itu butuh dijaga, kalau kita tidak menjaganya, maka mimpimu akan dicuri orang. Mungkin kamu bertanya apa sih maksudnya? Yuk baca terus artikel ini sampai selesai.

Salah satu syarat untuk sukses adalah kita harus punya mimpi, karena tidak pernah ada kesuksesan tanpa ada sebuah impian.

Mimpi adalah keinginan besar yang ingin kita wujudkan. Impian kita adalah sesuatu yang abstrak dan tidak nampak, tapi sesuatu yang tidak nampak itu punya kekuatan besar yang akan mengubah hidup kita.

Dalam membangun sukses, mimpi itu seperti sebuah benih. Kalau kita tidak pernah punya impian maka tidak akan pernah ada kesuksesan.

Kalau sebuah tanah yang subur tidak pernah ada tanaman yang ditanam di dalamnya, maka yang tumbuh adalah rumput.

Kita diberi kekuatan luar biasa oleh Tuhan. Kita diberi kecerdasan, kita diberi kekuatan fisik, kita diberi logika, diberi emosi, diberi keyakinan dan diberi keterampilan.

Cara Menjaga Impian Hingga Kamu Benar-Benar Sukses!
Foto: freepik

Tanpa ada impian, semua itu tidak akan berguna. Akhirnya, pilihannya cuma dua: kamu berjuang untuk impianmu atau kamu menjadi bagian dari impian orang lain.

Maksudnya gimana? Karena kamu tidak punya mimpi yang jelas, maka kekuatan yang hebat itu akan dimanfaatkan oleh orang lain untuk meraih impian mereka.

Kecerdasanmu, waktumu, keterampilanmu akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang punya mimpi besar itu untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Pilihan ada di tangan kita, kita berjuang meraih mimpi kita atau kamu berjuang untuk meraih mimpi orang lain. Oleh karena itu, milikilah mimpi dan jagalah mimpimu.

Mimpi itu sebuah benih, benih yang ditanam di tanah yang subur. Jika kita mampu menjaganya maka akan tumbuh tanaman yang luar biasa.

Tapi jika kamu membiarkannya, maka tanah yang subur itu akan ditumbuhi oleh ilalang atau bahkan lebih ekstrem lagi akan dimanfaatkan oleh orang lain untuk menanam tanaman impian mereka.

Cara Menjaga Impian

1. Yakin dengan impianmu

Yakin dengan impianmu
Foto: freepik

Mimpi itu seperti iman, tidak nampak tapi menjadi pondasi dasar. Jika kamu tidak meyakini impianmu, lantas apakah orang lain akan meyakininya? Tidak!

Jangan berharap orang lain percaya terhadap impianmu jika kamu sendiri tidak percaya terhadap apa yang menjadi cita-cita terbesarmu.

Maka syarat pertama menjaga impian adalah, yakini inilah impian saya, inilah misi terbesar dalam hidup saya, inilah yang akan membuat hidup saya berubah. Kemudian mimpi yang sudah kita tetapkan akan kita perjuangkan dengan sepenuh hati.

2. Jagalah impian itu dengan pikiran

Jagalah impian itu dengan pikiran
Foto: freepik

Hal kedua yang harus kita lakukan untuk menjaga agar mimpi itu terwujud adalah menjaga impian itu dengan pikiran.

Kalau kamu punya impian menjadi seorang pengusaha, maka gunakan pikiranmu untuk menjadi seorang pengusaha.

Belajar cara membangun bisnis, gunakan pikiran kita untuk mencari ide bisnis, gunakan pikiran kita untuk fokus ke situ.

Pikiran itu anugerah, maka manfaatkan, arahkan, dan gunakan untuk mewujudkan impian itu. Cari ide-ide yang menarik, setelah punya ide maka perjuangkan ide itu.

3. Jagalah mimpi kita dengan kata-kata kita

Jagalah mimpi kita dengan kata-kata kita
Foto: freepik

Jangan kamu ceritakan mimpimu pada sembarang orang, kalau tidak mereka akan mencurinya. Maksudnya, apakah dicuri itu berarti mereka akan meniru impian kita? Tidak, bukan seperti itu.

Mereka akan membunuh mimpi kita, mereka akan mencabut mimpi kita kemudian membuangnya ke tempat sampah.

Ketika kamu menceritakan mimpimu pada orang yang tidak tepat, ketika kamu bermimpi "Saya akan menjadi seorang astronot hebat, saya akan menjadi pengusaha, saya akan menjadi presiden,"

Kemudian teman-teman mengatakan "Tidak mungkin, orang seperti kamu mau jadi presiden? Impossible, orang seperti kamu mau jadi astronot? Wong kamu matematika saja tidak bisa."

Kata-kata yang disampaikan orang lain kepada kita itulah racun yang akan membunuh benih mimpi itu. Jadi jaga mimpimu, jangan kamu sampaikan ke banyak orang.

Lantas apakah kita tidak boleh menyampaikan impian kita pada orang lain? Boleh dengan satu syarat!

Pastikan ketika kita menceritakan impian itu pada orang lain, mereka akan ikut menjaganya dan merawatnya.

Kepada siapa? Kepada teman terbaikmu yang kamu yakin bahwa dia tahu persis siapa kamu dan impianmu, kepada mitra terbaikmu, pasangan hidupmu dan keluargamu.

Tapi dengan satu catatan, pastikan bahwa mereka akan menjaga impian itu. Jika kamu ragu, diam jauh lebih baik. Itulah cara menjaga mimpi dengan kata-kata kita. Jangan ngomong pada sembarang orang.

4. Jaga mimpi kita dengan tindakan

Jaga mimpi kita dengan tindakan
Foto: freepik

Benih yang sudah ditanam harus dirawat. Merawatnya dengan menyiraminya, memberi pupuk, kemudian mencabut jika ada rumput yang mengganggu, itulah tindakan. 

Apa mimpimu? Maka bertindaklah. Jika kamu bermimpi menjadi pesepakbola hebat, maka berlatihlah, bergabung dengan sekolah sepak bola.

Lakukan langkah-langkah kecil. "Saya punya impian besar tapi saya tidak ngerti bagaimana cara mewujudkannya." Belajarlah. Karena dengan belajar kamu akan tahu caranya.

Ketika kita tidak tahu cara mewujudkan impian itu, itu bermakna pengetahuan kita terbatas, relasi kita terbatas, dan semua harus kita bongkar lewat tindakan nyata.

Lakukan hal kecil apapun itu. Tidak usah pikirkan berhasil atau tidak, yang penting kita terus melangkah.

Inilah cara menjaga mimpi. Mimpi adalah pondasi, jika mimpi kita kuat maka bangunan di atasnya juga akan kokoh.