Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percaya Tidak? Sekolah Itu Tidak Membuat Kita Kaya!

Sadar nggak sih kalau sekolah itu tidak pernah mengajarkan pada kita cara menjadi kaya? Maka tidak usah heran walaupun mungkin pendidikanmu tinggi, kamu sudah sekolah pada level sarjana bahkan mungkin master atau dokter sekalipun tak ada jaminan kalau kamu bisa jadi kaya.

Tidak ada jaminan setelah kamu sekolah punya income besar otomatis kaya, karena sekolah tidak pernah menyiapkan kita dan mengajarkan ilmu tentang menjadi kaya.

Ketika kita sekolah, kita hanya belajar pengetahuan, kita belajar keterampilan, kita belajar nilai, kita belajar sopan santun dan memang semuanya baik.

Tapi yang lupa diajarkan di sekolah adalah cara menjadi kaya, cara mengelola uang dan bagaimana cara menumbuhkannya.

Bisa jadi, kalaupun kamu kuliah di fakultas ekonomi di jurusan manajemen, akuntansi, atau ilmu ekonomi sekalipun, cara-cara untuk menumbuhkan dan mengelola uang dengan sangat baik itu tidak secara spesifik dibahas.

Tidak semua orang punya kesempatan untuk mempelajari itu, hanya sebagian kecil pada jurusan dan mata kuliah tertentu saja.

Percaya Tidak? Sekolah Itu Tidak Membuat Kita Kaya!
Foto: freepik

Pendek kata, tidak usah terlalu berharap banyak dengan sekolah otomatis kita bisa menjadi kaya dan yang diajarkan sekolah adalah cara mencari uang.

Mungkin kamu bertanya maksudnya bagaimana? Katakanlah kalian kuliah di kedokteran, apa yang diajarkan? Ilmu kedokteran. Setelah menjadi dokter, bekerja.

Maka inilah yang benar-benar diajarkan di sekolah, bahwa kita tumbuh menjadi seorang profesional yang handal di bidang kita masing-masing.

Setelah kita menjadi orang yang profesional, kita juga akan mendapatkan bayaran yang pantas sebagai seorang profesional.

Kalaupun kamu kuliah di jurusan matematika, maka kamu akan belajar ilmu matematika dengan sangat sungguh-sungguh sampai kamu menjadi seorang ahli matematika.

Kemudian kamu lulus dan kamu bekerja dengan menggunakan keahlian itu. Memang pada titik itu sekolah berjasa untuk kita.

Artinya, dengan sangat terpaksa kita harus mengatakan bahwa memang kita hanya diajarkan untuk mencari uang di sekolah, bukan mengelola uang apalagi menumbuhkannya.


Apapun jurusan yang kamu ambil ketika kamu sekolah, pada akhirnya adalah mencari pekerjaan atau membangun bisnis.

Maka mencari pekerjaan ataupun kamu membangun bisnis sendiri, ini bagian dari proses yang memang didesain untuk kita lalui. 

Bahwa kita harus punya kemampuan untuk mencari uang, dan sampai pada di titik ini semua memang sangat bermanfaat.

Tapi mereka dan kita adalah bagian dari orang-orang bahwa ini bukan akhir, mencari uang bukanlah akhir, mencari uang adalah awal.

Apa level berikutnya? Kelola uang dengan baik dan tumbuhkan dengan baik. Selama kita sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan pada saat kuliah, kemudian ketika kita mengambil gelar master sekalipun kita hanya fokus mempelajari subjek tertentu.

Kita tidak diajarkan di situ tentang bagaimana mengelola uang dan lebih banyak diajarkan tentang bagaimana kita menguasai bidang ilmu tertentu.

Kemudian kita menjadi ahli dan pada akhirnya kita punya kemampuan menghasilkan uang atau membangun bisnis.

Keterampilan tentang bagaimana cara mengelola uang, keterampilan tentang bagaimana cara menumbuhkan uang, kita harus mempelajarinya di luar sekolah, kalau tidak maka kita akan terjebak.

Buat kamu yang hari ini telah selesai sekolah, telah lulus kemudian bekerja, harus ingat bahwa memang kamu hanya diajarkan untuk disitu, hanya di siapkan di level itu.

Level berikutnya itu jadi tanggung jawab kita, maka kita harus serius untuk belajar bagaimana cara mengelola uang dan bagaimana cara menumbuhkan uang, karena memang sekolah lupa tidak mengajarkan itu semua.

Pada akhirnya, kami ingin mengajak kalian semua, yuk serius belajar tentang gimana cara kelola uang dan menumbuhkannya, kalau tidak kita pasti akan menyesal dibuatnya.