Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajaran Berharga Dari Kesuksesan Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia

Pelajaran Berharga Dari Kesuksesan Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia
foto: tvonenews.com

Siapa yang tidak kenal dengan Shin Tae-yong (STY), salah satu pelatih tersukses yang pernah menangani Timnas Indonesia.

Terlepas dari pro dan kontra yang mengikutinya, suka atau tidak suka, kita harus menyatakan bahwa apa yang dilakukan Shin Tae-yong mungkin merupakan pencapaian terbesar bagi sepak bola Indonesia.

Pada artikel ini, kami ingin mengajak kalian semua untuk belajar tentang kesuksesan dari pelatih fenomenal asal Korea Selatan ini yang akrab di sapa STY.


4 Pelajaran Kesuksesan Shin Tae-yong 

Kami meyakini bahwa ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari apa yang telah dilakukan oleh Shin Tae-yong dalam melatih dan mengembangkan timnas sepak bola Indonesia.

1. Jangan Pernah Kita Jadikan Apa yang Kita Jalani Hari Ini sebagai Hari yang Kita Sesali

Jangan Pernah Kita Jadikan Apa yang Kita Jalani Hari Ini sebagai Hari yang Kita Sesali
foto: freepik

Dalam sebuah kesempatan Coach Nova Arianto asisten pelatih, pernah menceritakan bagaimana Shin Tae-yong memotivasi anak buahnya.

Shin Tae-yong selalu mengatakan kepada para pemain, "Jangan pernah menjadikan pertandingan ini sebagai pertandingan yang kamu sesali." Tentu kata-kata ini luar biasa.

Jika kita tarik ke dalam kehidupan sehari-hari, artinya jangan pernah menjadikan apa yang kita jalani hari ini sebagai sesuatu yang kita sesali.

Pertanyaannya, bagaimana caranya? Coach Nova Arianto menyampaikan bahwa Shin Tae-yong meminta para pemain untuk melakukan yang terbaik, terus berjuang, dan mengerahkan seluruh tenaga untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Kalaupun akhirnya mereka kalah, mereka tidak akan menyesal karena itulah batas kemampuan mereka; mereka telah berjuang semaksimal mungkin. Kalau hasilnya tidak sesuai harapan, kita harus menerimanya dan mengambil pelajaran.

Jika kita bawa ke dalam kehidupan sehari-hari, kadang ada orang yang menyesal karena mereka gagal. Sebenarnya, penyesalan itu tidak perlu ada jika kita berusaha melakukan yang terbaik dan menjalani segala sesuatu secara optimal.

Kalaupun kita kalah atau gagal, pasti ada pelajaran besar yang bisa kita ambil. Biasanya, penyesalan muncul ketika kita tidak melakukan yang terbaik, ketika kita asal-asalan.

Kamu gagal karena tidak belajar, kamu gagal karena tidak mencoba atau kamu gagal karena tidak fokus sehingga semua kegagalan itu membuat kita menyesal.

Apa yang dilakukan Shin Tae-yong kepada para pemainnya sangat luar biasa, kita bisa mengambil pelajaran dari situ. Mereka diajarkan untuk berjuang sekuat tenaga hingga mencapai kemampuan terbaik mereka.

Kalaupun hasilnya tidak sesuai harapan, semua orang pasti bisa melihat perjuangan mereka dan menerimanya, dan akhirnya mereka pun tidak akan pernah menyesal. Mereka justru akan mengambil pelajaran dari kegagalan atau kekalahan tersebut.

2. Semangat Juang

Semangat Juang
foto: freepik

Salah satu pelajaran penting yang bisa kita ambil dari apa yang dilakukan Shin Tae-yong pada Timnas Indonesia adalah Fighting Spirit.

Semangat juang yang luar biasa ini bisa kita lihat dalam beberapa pertandingan. Misalnya, ketika Indonesia berhadapan dengan Qatar. 

Kita bermain dengan 10, bahkan 9 pemain tetapi apa yang dilakukan para pemain sungguh luar biasa, mereka tetap berjuang.

Kalaupun hasilnya tidak sesuai harapan dan mereka kalah, rasanya tidak ada seorang pun rakyat Indonesia yang menganggap mereka tidak serius. Kita semua bangga dengan perjuangan mereka.

Belum lagi ketika melawan Australia, Indonesia menunjukkan perjuangan yang luar biasa, bahkan ketika mengalahkan Yordania.

Terlebih lagi saat mengalahkan Korea Selatan, semua itu menunjukkan bahwa semangat pantang menyerah itu benar-benar nyata.

Semangat ini bisa kita bawa ke dalam kehidupan kita. Lakukan semua hal semaksimal mungkin dan jangan pernah menyerah sebelum semuanya benar-benar berakhir.

Semangat pantang menyerah adalah sebuah contoh nyata yang telah diajarkan oleh Shin Tae-yong kepada para pemainnya, dan mereka benar-benar melakukannya.

Rasanya pantas kita mengambil semangat itu dalam kehidupan kita untuk melalui perjuangan dan perjalanan kita.

3. Keberanian untuk Bermimpi

Keberanian untuk Bermimpi
foto: freepik

Dalam banyak kesempatan, kami yakin kalian semua paham dan tahu ketika Pak Erick Thohir berdiskusi dengan Shin Tae-yong tentang target yang ditetapkan oleh PSSI kepadanya.

Pak Erick menyatakan bahwa targetnya adalah lolos 8 besar dari Piala Asia U-23, tapi Shin Tae-yong justru meminta agar Tim-nya bisa lolos ke 4 besar dengan tujuan masuk ke semifinal.

Kami yakin sebagian dari kalian tentu punya pemikiran yang sama, yaitu merasa pesimis saat mendengar kata-kata Shin Tae-yong itu.

Bagaimana mungkin kita bisa lolos ke 4 besar? Apakah kita bisa melewati fase grup? 

Rasa pesimis itu mungkin menyelimuti hati dan pikiran kita, tetapi tidak bagi Shin Tae-yong. Dia memiliki keberanian untuk bermimpi dan memperjuangkan mimpi itu.

Hasilnya sekarang nyata, Indonesia benar-benar ada di 4 besar Piala Asia U-23. Ini adalah pencapaian yang fantastis, sesuatu yang sangat-sangat di luar nalar.

Banyak orang mungkin tidak menyangka kita bisa mencapai tahap ini, namun ternyata kita memang benar-benar bisa karena inilah kekuatan mimpi.

Shin Tae-yong, sebagai pelatih tidak hanya menunjukkan dan mengajarkan semangat juang, tetapi juga mengajarkan kemampuan untuk bermimpi besar dan kemudian memperjuangkannya.

Rasanya kita bisa membawa semangat ini ke dalam kehidupan kita. Yuk, bermimpilah yang besar dan kemudian berjuanglah untuk mimpi itu.

Bagi kamu yang mengikuti perjalanan Timnas Indonesia, pasti merasa benar-benar kagum luar biasa.

Kemampuan untuk bermimpi dan kemudian memperjuangkannya hingga terwujud adalah hal yang fantastis. Inilah pelajaran yang harus kita ambil, bermimpilah dan berjuanglah untuk mewujudkannya.

4. Kepercayaan Diri yang Tinggi

Kepercayaan Diri yang Tinggi
foto: freepik

Pelajaran lain yang bisa kita ambil dari Shin Tae-yong adalah kepercayaan diri yang tinggi dan keyakinan pada setiap keputusannya.

Dalam perjalanan melatih Timnas Indonesia, ada beberapa keputusan yang mungkin dianggap tidak populer oleh sebagian besar Netizen Indonesia.

Misalnya, ketika mencoret Saddil Ramdani atau tidak memasukkan Stefano Lilipaly ke dalam skuad, banyak orang mencerca dan mencibirnya.

Namun apa yang dilakukan Shin Tae-yong? Dia tetap dengan keputusannya. Dia yakin dan percaya pada setiap keputusan yang dia buat dan hasilnya pun membuktikan hal itu.

Di Piala Asia senior, kita berhasil lolos ke 16 besar dan di kualifikasi Piala Dunia, kita tinggal selangkah lagi untuk lolos ke babak ketiga.

Sementara itu, saat kita melihat pencapaian Timnas U-23 yang luar biasa, ini adalah bukti bahwa Shin Tae-yong yakin dengan setiap keputusan yang diambilnya, terlepas dari risikonya dan tanggapan orang lain.


Jika kita terapkan dalam kehidupan nyata, kadang kita sering ragu dengan keputusan kita sendiri.

Keraguan itu bisa muncul karena omongan orang lain entah teman-teman, tetangga, atau bahkan saudara kita yang sebenarnya belum tentu lebih mengerti dan lebih baik dari kita.

Dari Shin Tae-yong, kita belajar bahwa kita harus percaya dan yakin pada keputusan kita, walaupun mungkin banyak orang yang nyinyir, karena yang paling tahu tentang pilihan itu adalah kita sendiri. Kita juga yang paling bertanggung jawab atas pilihan itu.

Kita bersyukur atas pencapaian yang telah diraih oleh Timnas Sepak Bola Indonesia dan jadikan ini sebagai momentum untuk mentransformasi diri kita.

Miliki rasa percaya diri pada mimpi kita, keyakinan pada keputusan yang kita ambil, semangat yang tinggi untuk perjuangan kita dan yang terpenting selalu lakukan yang terbaik agar kita tidak menyesali hari ini.