Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Mengubah Pola Hidup untuk Masa Depan Lebih Baik di 2024

Sudah menjadi ritual kita bahwa di akhir tahun selalu melakukan refleksi diri. Kemudian di awal tahun kita akan menyusun resolusi dan harapan yang ingin kita capai di tahun ini.

Bagaimana dengan kalian semua? Sudahkah melakukan itu semua? Sudahkah melakukan refleksi dan evaluasi? Atau sudahkah kita menetapkan target yang ingin kita capai di 2024 ini?

Ada kalanya ini hanya menjadi ritual. Kita semangat menetapkan target di awal tahun, tapi di akhir tahun semua sepertinya hanya sekedar cerita, hanya sekedar target. Hidup kita tidak terlalu banyak berubah.

Satu hal yang pasti, buat kalian yang hari ini sedang serius melakukan refleksi diri, sedang menyusun ulang rencana untuk hidup yang lebih baik, lakukan semuanya dengan lebih bijak karena ini sangat penting.

Apa yang paling bijak? Pahami polanya. Pemahaman terhadap pola yang telah kita lalui ini sangat penting.

Memahami pola perjalanan hidup kita itu tidak hanya dalam setahun, tapi coba bandingkan dengan tahun lalu. Lakukan perbandingan secara lebih spesifik.

Selama kita tidak paham dengan pola yang kita lalui, maka selama itu juga tidak banyak hal yang berubah dalam hidup kita.

Dan mungkin ini juga yang membuat kita hanya semangat membuat target di awal tahun tapi selalu saja mengulang kesalahan yang sama. Tidak banyak pencapaian yang luar biasa yang kita dapatkan.

Rahasia Mengubah Pola Hidup untuk Masa Depan Lebih Baik di 2024
Foto: freepik

Kami ingin mengajak kalian semua untuk memahami pola hidup ini. Seperti apa perjalanan di 2023 kemarin? 

Seperti apa perjalanan di 2022 yang lalu? Seperti apa perjalanan di 2021, 2020, atau mungkin di 2019? Coba temukan benang merahnya. Apakah ada kesamaan?

Mungkin ada kegagalan yang kita alami, apakah di tahun ini atau di tahun 2022 yang lalu atau mungkin di tahun 2021, bahkan mungkin di tahun 2020.

Pertanyaannya, apakah ada pola yang sama dalam kegagalan yang kita alami itu? Coba kalian ambil kertas, tulis "Apa sih yang bikin saya gagal di tahun 2023 kemarin".

Apa juga yang membuat kamu gagal di tahun 2022, di tahun 2021 dan di tahun 2020 yang lalu. Kemudian bandingkan apakah sama polanya?

Jika memang sama dan kita tidak sadar, maka ini yang mungkin akan punya potensi berulang di tahun 2024 ini.

Saya yakin kalian tidak ingin mengalami kegagalan yang sama seperti tahun kemarin, maka coba temukan akarnya. Jika akar ini tidak kita ubah, maka semuanya akan sama.

Saya yakin dari semua perjalanan kita tetap saja ada hal baik, hal positif. Coba temukan hal positif apa yang luar biasa di tahun 2023 kemarin.

Kemudian bandingkan juga dengan di tahun 2022, di tahun 2021, atau mungkin di tahun 2020.


Jika ada hal yang sama yang terus berulang dan itu positif, maka sadarilah inilah tanda baik, inilah kekuatan kita dan maksimalkan itu semuanya.

Memahami pola yang terjadi dalam hidup kita itu sangat penting, karena kesadaran terhadap pola ini membuat hidup menjadi lebih baik. Tanpa sadar, pola inilah yang mengatur dan mengendalikan hidup kita.

Ada orang yang polanya dalam hubungan percintaan itu selalu berakhir dengan perselingkuhan. Ada orang yang pola keuangannya selalu lebih besar pengeluaran jika dibandingkan dengan pemasukan.

Ada orang yang pola kegagalan bisnisnya selalu ditipu oleh rekan bisnisnya. Ada juga orang yang pola kegagalan bisnisnya karena dia selalu terlambat melakukan dan mengambil keputusan.

Setiap orang punya polanya masing-masing dan setiap bidang kehidupan kita juga punya polanya masing-masing.

Pola keuangan kita pastinya berbeda dengan pola relationship hubungan asmara, persahabatan, dan cinta kita. Cara belajar dan pola belajar kita juga pasti berbeda.

Kemudian pola kita mengambil keputusan juga berbeda, semuanya tentu berbeda. Maka mulai temukan dan pahami itu.


Coba secara spesifik kalian pahami pola keuangan kalian seperti apa tahun kemarin, 2 tahun yang lalu, dan 3 tahun yang lalu.

Apakah ada kesamaan? Jika ada yang sama, apakah hal yang sama itu hal baik atau hal buruk? Jika ada hal yang buruk maka pahami, karena itu berpotensi akan terulang di masa depan.

Kemudian coba juga pahami hubungan atau relasi kalian dengan keluarga atau orang-orang yang dicintai. 

Apakah ada kesamaan dari tahun sebelumnya dengan tahun kemarin? Jika iya, ini juga yang punya potensi akan berulang di tahun ini.

Pendek kata, pahamilah pola yang terjadi dalam hidup kita. Lakukan refleksi tidak hanya di tahun 2023, tapi sampai dengan beberapa tahun yang lalu.

Coba bandingkan dan temukan titik-titiknya, kemudian bikin koneksinya, dan akhirnya coba ambil kesimpulan. Seperti apa sih yang terjadi pada hidup kita?

Kami meyakini meskipun ceritanya berbeda jika polanya sama, maka hasilnya juga tidak jauh beda. Hanya perjalanannya yang berbeda, tapi esensinya sama.

Maka sebelum pola itu berulang kembali di tahun 2024 ini, ada baiknya lakukan evaluasi diri secara mendalam.


Jika pola yang baik yang terjadi terus-menerus, maka biarkan itu terjadi karena itu sudah menjadi kekuatan kita.

Namun, jika yang buruk yang terus berulang dalam hidup kita, pastikan ada sesuatu yang harus kita ubah secara sadar.

Memahami pola adalah akar dari sebuah transformasi. Ketika kita sudah paham sumbernya, akarnya, dan seperti apa modelnya, maka di titik itu kita perlu menciptakan pola baru.

Perubahan itu tentu saja harus dimulai dengan satu keyakinan bahwa hidup kita pasti akan lebih baik. Perubahan itu juga harus dimulai dengan sebuah pemikiran yang baru yang benar-benar berbeda.

Perubahan itu juga harus dimulai dengan tindakan yang konsisten, selaraskan antara tujuan dan tindakan kita.

Pada akhirnya, apapun yang menjadi harapan kita di tahun 2024 ini, mudah-mudahan semua itu terwujud.

Mudah-mudahan menjadi lebih baik, mudah-mudahan kita senantiasa bahagia, penuh keberkahan, dan keberlimpahan.