Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Takut Kesulitan! 4 Hikmah yang Mengantarkanmu ke Kehidupan Lebih Baik

Dalam hidup kadang kita bertemu dengan kesulitan, bertemu dengan sesuatu yang tidak menyenangkan dan ini adalah hal yang wajar.

Rasanya tidak ada satu pun orang yang hidupnya benar-benar lurus, bahagia, benar-benar hanya sukses saja. Pasti ada saja lika-likunya, pasang surutnya serta ada saja kesulitan yang menerpa mereka.

Buat kamu yang mungkin hari ini sedang berhadapan dengan kesulitan hidup, yuk tetap semangat.

Jangan pernah takut untuk menghadapi kesulitan hidup. Karena kesulitan hidup adalah bagian dari proses yang pasti akan kita lalui. 

Lantas, bagaimana caranya agar kita senantiasa optimis dan tetap punya semangat dalam menghadapi kesulitan hidup itu?

Hikmah Dibalik Kesulitan Hidup

1. Tanda naik level

Hikmah Dibalik Kesulitan Hidup
Foto: freepik

Menghadapi kesulitan hidup itu memang tidak nyaman. Ketika kita bertemu dengan kesulitan hidup, kita kadang berpikir lebih keras, kita bertindak lebih sungguh-sungguh, kita pun melakukan banyak hal secara ekstra. Tujuannya satu, agar kita bisa keluar dari kondisi ini.

Ketika kita menghadapi kesulitan hidup, kita juga mengalami tekanan yang luar biasa yang membuat kita harus mampu bertahan dari situasi yang sulit ini. 

Maka di titik inilah, sadar atau tidak, ketika kita bertemu dengan kesulitan hidup ini pertanda bahwa kita akan segera naik level.

Tuhan tidak akan pernah menaikkan level kita sebelum kita diuji seberapa layak kita untuk bisa mendapatkan apa yang ingin kita raih. 

Dan itu tergantung pada seberapa kuat kita mampu menghadapi kesulitan ini sebelum kita mencapai target tersebut.

Jadi bagi kalian yang hari ini menghadapi kesulitan hidup, anggap saja ini sebagai ujian sebelum kita naik kelas, sebelum kita naik level.

Tidak ada satu orang hebat di dunia tanpa ada ujian, tidak ada pelaut yang hebat tanpa dia mampu melewati badai.

Seorang jenderal yang kuat, seorang pengusaha yang sukses, mereka pasti pernah melampaui kesulitan itu. Ketika kita mampu melampaui kesulitan itu, di titik itulah kita sedang naik level.

Maka salah satu cara agar kita tetap optimis dan agar kita tetap semangat adalah lihatlah kegembiraan yang akan kita dapatkan ketika kita mampu melampaui kesulitan ini.

Bayangkan akan seperti apa hidup kita ketika kita mampu melampaui hal yang tidak menyenangkan ini. Yakinlah bahwa selalu ada kemudahan yang menyertai proses sulit yang akan kita hadapi ini.

Ingat, hari ini kamu sedang berproses menuju level berikutnya, maka wajar mungkin proses ini akan sedikit menyulitkan.

Tapi kita harus bergembira karena setelah proses ini mampu kita lampaui maka  kita sudah pasti naik kelas. 

Maka di titik ini kita harus tetap semangat, kita harus yakin bahwa kesulitan ini hanyalah hal kecil yang membuat kita akan menjadi lebih baik.

2. Tanda upgrade kualitas diri

Tanda upgrade kualitas diri
Foto: freepik

Hikmah lain yang tersaji dalam kesulitan adalah bahwa setiap kesulitan yang kita hadapi menunjukkan tanda bahwa kita wajib mengupgrade kualitas diri.

Kesulitan yang kita hadapi sebagai bukti bahwa mungkin kita sedang mengalami penurunan kualitas diri. 

Sehingga untuk hal yang sama yang biasanya mampu kita lakukan, saat ini kita mengalami penurunan, kita mengalami kesulitan.

Logikanya begini, kalian punya motor yang selama 10 tahun ini terus digunakan dan selalu melalui jalan yang sama penuh dengan tanjakan serta turunan.

Namun kali ini, entah kenapa motor yang biasa kita gunakan tidak kuat menanjak karena motor yang kita pakai tidak punya kemampuan seperti biasanya.

Kita kesulitan untuk melampaui jalan yang biasanya motor kita mampu lalui dengan cara yang sangat mudah.

Ini bertanda bahwa mungkin motor kita butuh di servis, butuh diperbaiki, atau mungkin motor tersebut sedang mengalami penurunan kemampuan, dan penurunan performa ini juga berlaku pada diri kita.

Jika hari ini kalian menghadapi kesulitan yang terus-menerus, yang bertubi-tubi, sebenarnya ini pertanda bahwa kualitas diri kita sedang menurun. Kita butuh mengupgrade kualitas diri.

Maka di titik ini, kesulitan yang mungkin datang bertubi-tubi tanda bahwa kita harus terus belajar, kita harus naikkan level kualitas diri.

Penurunan kualitas diri inilah yang membuat kita mengalami kesulitan, penurunan level diri kita membuat kita yang biasanya mampu melampaui itu semua justru sekarang kita mengalami kesulitan. Maka di titik ini, bersyukurlah.

Jadikan kesulitan sebagai momentum untuk kita memperbaiki diri, untuk kita terus maju dan untuk kita mengupgrade kualitas diri.

Ketika kualitas diri kita meningkat, yakinlah bahwa semua kesulitan itu akan terasa mudah karena kita lebih tinggi levelnya daripada kesulitan yang hari ini sedang kita hadapi.

3. Tanda kegagalan adaptasi

Tanda kegagalan adaptasi
Foto: freepik

Ketika kita belajar tentang sejarah, kita tahu ada hewan purba yang hari ini hanya tinggal cerita dan salah satunya adalah Dinosaurus.

Dinosaurus adalah hewan yang sangat kuat dan sangat tangguh, tapi kenapa ia punah? Karena ia gagal beradaptasi.

Ketidakmampuan Dinosaurus beradaptasi membuat ia bertemu dengan kesulitan hidup yang pada akhirnya menghancurkan dirinya dan mereka pun punah.

Ini juga berlaku untuk diri kita, ketika menghadapi kesulitan hidup bisa jadi kesulitan yang kita hadapi hari ini karena kita gagal beradaptasi dengan kondisi hari ini.

Hidup itu berubah dan perubahan adalah keniscayaan. Manusia yang tidak berubah, manusia yang tidak melakukan adaptasi maka ia akan mati.

Sebelum ia mati, ia akan bertemu dengan berbagai kesulitan. Transformasi, perubahan, membuat banyak bisnis harus gulung tikar. Kenapa mereka mengalami itu? Karena mereka gagal beradaptasi.

Setiap masa ada orangnya, setiap masa ada bisnisnya, dan setiap bisnis ada masanya. Pepatah ini rasanya sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya adaptasi.

Jika hari ini kalian mulai mengalami kesulitan, permasalahan terus datang, kita pun kebingungan dan kelabakan dalam menghadapi situasi ini. Mungkin ini terjadi karena kita lambat dalam melakukan adaptasi.

Coba ambil waktu dan evaluasi diri apa yang harusnya kita lakukan untuk beradaptasi dengan situasi ini, apa yang harusnya kita lakukan agar mampu menyesuaikan diri.

Orang-orang yang mampu beradaptasi adalah orang-orang yang mampu melampaui kesulitan dalam hidupnya, sementara orang-orang yang gagal beradaptasi mereka akan terkubur oleh kesulitan dalam dirinya.

Pilihan ada di tangan kita! Apakah kita mau beradaptasi menjadikan kesulitan ini sebagai isyarat bahwa kita harus mampu melakukan penyesuaian atau memilih untuk terus terkubur kesulitan dan terus mengulangi berbagai kondisi sulit ini.

4. Lahirnya peluang baru

Lahirnya peluang baru
Foto: freepik

Dalam setiap kesulitan selalu ada kemudahan, dalam setiap masalah selalu ada peluang. Ini adalah rumus. Kalian tinggal pilih mau melihat yang sisi mana.

Apakah fokus pada kesulitan atau fokus pada peluang, apakah fokus pada masalah ataukah fokus pada solusi.

Jika hari ini kita bertemu dengan kesulitan maka yakinlah selalu ada kemudahan di baliknya. Jika kita bertemu dengan masalah, yakinlah pasti ada solusinya.

Jika kalian sedang kehilangan kesempatan, yakinlah selalu ada kesempatan lain yang sedang terbuka. Pada akhirnya, pilihan ada di tangan kita.

Harusnya kita mampu bersyukur ketika kita bertemu dengan kesulitan, karena dalam setiap kesulitan selalu ada peluang.

Kenapa kita kadang sulit menangkap peluang itu? Karena kita terlalu fokus pada kesulitan yang sedang kita hadapi.

Masalah COVID-19 yang kita alami beberapa waktu yang lalu memang adalah sebuah kesulitan besar, tapi tetap saja ada peluang di dalamnya.

Orang-orang yang mampu menangkap peluang dalam kondisi sulit adalah orang-orang yang keluar dari kondisi sulit itu.

Pada akhirnya, jika hari ini kamu bertemu dengan kesulitan maka coba temukan peluang apa yang ikut serta hadir dalam kesulitan itu.

Jika kamu hanya fokus meratapi kesulitan itu, mengeluh dengan kesulitan yang kita alami, maka kita akan terus terpenjara oleh rasa sulit itu.

Namun jika kita mampu menemukan peluang yang menyertainya, maka di titik ini kita akan mampu terbang tinggi melampaui kesulitan itu jauh lebih mudah.

Kita akan lebih hebat, lebih produktif, lebih kreatif jika dibandingkan orang-orang pada umumnya karena kita mampu menemukan peluang di balik kesulitan yang sedang kita hadapi hari ini.

Yakin dan percaya bahwa Tuhan itu menurunkan kesulitan dan kemudahan secara sepasang, semua tergantung pada kita, kita mau pilih yang mana.

Apakah kita fokus pada kemudahan atau sebaliknya. Yakin dan percaya setiap ada masalah selalu ada solusinya.

Pada akhirnya, semua tergantung pada diri kita. Mau fokus pada kesulitan atau solusi. Fokus pada masalah atau jalan keluar. Jika kita fokus pada jalan keluar, segeralah berbuat, segeralah bertindak.

Semua kesulitan itu akan hilang jika kita mampu berbuat sesuatu, jika kita bertindak serta jika kita tidak sekedar berdiam diri.

Namun ketika kita berdiam diri justru kesulitan itu akan membesar, akan semakin runyam dan akan semakin sulit.

Lakukanlah sesuatu ketika kamu berhadapan dengan kesulitan. Karena jika kamu diam kesulitan itu akan menggerus.

Pilihan ada di tangan kita. Apakah kita memilih menjadi pemenang atau pecundang. 

Jika memilih menjadi pemenang maka bertindaklah, lakukan sekecil apa pun untuk mengatasi kesulitan itu. Jangan diam, jangan berhenti, terlebih menyerah.

Inilah fakta menarik tentang kesulitan, bahwa kesulitan adalah isyarat bahwa kita akan naik level. Kesulitan juga bisa jadi pertanda bahwa kita butuh mengupgrade kualitas diri.

Kesulitan yang hadir bisa jadi adalah isyarat bahwa kita harus mampu beradaptasi dengan lebih baik. Dan yang terpenting kesulitan selalu membawa peluang. Jadi yuk kita temukan peluangnya.

Demikian artikel mengenai jangan pernah takut berhadapan dengan kesulitan dalam hidup, karena setiap kesulitan ada hikmahnya.