Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Awal Menuju Kesuksesan Adalah Mengenali dan Ubah Kebiasaan Burukmu

Langkah Awal Menuju Kesuksesan Adalah Mengenali dan Ubah Kebiasaan Burukmu

Ada banyak hal yang kita lakukan setiap hari, ada banyak pikiran yang kemudian datang dan pergi setiap hari. 

Ada banyak tindakan yang juga kita lakukan setiap hari. Sebagian dari perilaku kita, tindakan kita dan pikiran kita adalah kebiasaan yang kita repetisi.

Pencapaian yang kita dapatkan hari ini adalah hasil dari repetisi kata-kata kita, hasil dari repetisi cara berpikir kita.

Hasil dari repetisi tindakan kita, dan hasil dari repetisi keputusan-keputusan yang kita lakukan serta kita ambil setiap harinya.

Pendek kata, apapun yang kita dapatkan hari ini adalah hasil dari kebiasaan yang kita selalu di ulangi setiap hari.

Pertanyaannya, apakah Anda puas dengan pencapaianmu saat ini? Jika iya kamu puas, selamat. Artinya kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari itu sesuatu yang sangat luar biasa baiknya.


Jika ternyata kamu merasa pencapaianmu jauh dari harapan, nggak sesuai dengan ekspektasi, dan benar-benar bikin kamu kecewa, bisa jadi itu karena kamu terlalu banyak mengulangi berbagai kebiasaan buruk setiap harinya.

Di titik inilah kamu butuh dan perlu mengenali apa saja kebiasaan yang menghambat perilaku kita.

Mungkin kalian bertanya, kenapa kita harus mencoba mengenali apa saja kebiasaan buruk yang terus kita lakukan?

Karena begini, perubahan itu hanya bisa kita lakukan jika kita kenal apa yang ingin kita ubah. Kita ingin melakukan A, tapi kita nggak kenal A itu apa.

Sama, kamu ingin mendapatkan pencapaian yang keren, ingin sukses, ingin kaya, semua itu bisa kita raih jika kita mampu menciptakan kebiasaan-kebiasaan baik.

Permasalahannya, jika kamu belum bisa mencapai suksesmu, artinya ada kebiasaan yang perlu kamu perbaiki.

Pertanyaannya, itu kebiasaan yang mana? Di titik inilah kamu perlu mengenali apa sih kebiasaan yang terus kamu repetisi dan ternyata itu bukanlah kebiasaan baik.


Memahami kebiasaan yang kita lakukan dan kemudian mencoba memetakannya, apakah ini kebiasaan baik atau kebiasaan buruk, itu penting.

Memetakan pola kebiasaan kita itu akan sangat bermanfaat jika kita sudah kenal, ternyata kebiasaan A adalah kebiasaan baik dan kebiasaan B adalah kebiasaan yang kurang baik. Maka di titik itu perubahan dapat kita lakukan.

Coba kenali pola tidur, apakah caramu tidur adalah sebuah kebiasaan baik. Coba kenali cara makanmu, apakah apa yang kamu makan adalah kebiasaan baik.

Coba kenali kata-kata yang terus kamu ulang-ulang, self talkmu yang ada di pikiranmu, yang terucap ataupun tidak. Apakah selama ini apa yang terlontar adalah hal-hal baik? 

Dan yang terpenting coba kenali pikiranmu. Apakah pikiran yang kamu repetisi, yang terus menggeliat di otakmu adalah hal baik?

Belajarlah untuk memetakan kebiasaan negatif, belajarlah untuk memetakan kebiasaan positifmu. Yang positif kamu lanjutkan dan yang negatif di titik inilah kita perlu melakukan perubahan.

Setelah kita mulai kenal apa saja kebiasaan buruk kita, barulah di titik ini memutuskan untuk berubah. Dari mana kita memperbaikinya dan akan kemana akhirnya. 

Karena mengenali kebiasaan buruk kemudian merubahnya adalah langkah awal untuk meraih sebuah kesuksesan.