Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ubah 5 Mindset Ini Untuk Hidup yang Lebih Baik!

Apakah kalian sering mendengar bahwa ketika kita mampu mengubah mindset maka hidup kita pasti akan berubah?

Pertanyaannya kenapa seperti itu, kenapa mindset itu penting, lantas bagaimana cara mengubah mindset kita?

Secara ringkas, dalam artikel ini kita akan menjelaskan beberapa pertanyaan tersebut, jadi baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Apa itu Mindset?

Apa itu Mindset?

Kita sering mendengarkan kata-kata mindset, kita sering berkali-kali banyak orang mengatakan mindset itu penting. Sekali lagi, apa itu mindset? Mindset dapat kita maknai dengan 3 perspektif.

Pertama, cara kita melihat sesuatu. Setiap kita melihat sesuatu pasti kita punya cara untuk menilai, cara untuk melihatnya. Maka di situ mindset bersembunyi.

Kedua, cara kita memikirkan sesuatu. Ketika kita menghadapi sesuatu, kita punya pola pikir, kita punya cara berpikir. Pola dan cara berpikir yang selama ini kita anut dalam melihat sesuatu itulah mindset.

Mindset juga dapat kita maknai sebagai keyakinan kita tentang sesuatu. Apa yang kita yakini kemudian akan sangat berpengaruh terhadap perilaku kita. Maka keyakinan kita ini menjadi penentunya.

Kenapa Mindset itu Penting?

Kenapa Mindset itu Penting?

Lantas, kenapa mindset itu menjadi sesuatu yang sangat penting, kenapa ketika kita mampu mengubah mindset maka hidup kita berubah?

Satu hal yang harus kita pahami bahwa setiap tindakan kita selalu didahului oleh sebuah keputusan, baik keputusan yang disengaja atau tidak disengaja.

Setiap pengambilan keputusan itu selalu tergantung pada cara berpikir kita, keyakinan kita, dan persepsi kita. Maka di titik inilah mindset menjadi sebuah pondasi. 

Mindset akan membentuk keputusan, keputusan menghasilkan tindakan, dan tindakan akan memberikan realita serta menghadirkan pencapaian.

Ketika kita punya mindset yang benar, maka tindakan kita benar, pada akhirnya potensi mendapatkan pencapaian yang baik itu sangat besar.

Sementara ketika mindset kita keliru, bisa jadi keputusan kita keliru, tindakan kita keliru, dan hasilnya pencapaian kita jauh dari harapan.

Maka di titik inilah mengubah mindset menjadi sebuah pondasi yang sangat kuat yang akan berdampak besar untuk mengubah hidup kita.

Jika kita ingin mengubah pencapaian kita, maka ubahlah tindakan kita. Jika kita ingin mengubah tindakan kita, ubahlah cara kita mengambil keputusan.

Jika kita ingin mengubah cara kita mengambil keputusan, maka ubahlah mindset kita. Artinya, perubahan mindset akan berdampak sangat besar pelan namun pasti terhadap pencapaian kita.

5 Mindset yang Harus di Ubah

Lantas, mindset yang seperti apa yang harus kita ubah? Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak kalian semua untuk mengubah 5 mindset kita terkait tentang 5 hal ini.

1. Ubah mindset tentang masalah

Ubah mindset tentang masalah

Pertama, ubah mindset kita ketika bertemu dengan masalah. Coba kalian semua ingat masalah terbesar apa yang ada dalam hidup kamu.

Kemudian, bagaimana kita berpikir tentang masalah itu, bagaimana pola pikir kita, mindset kita, dan keyakinan kita dalam menyikapi dan menghadapi masalah itu.

Coba kenali apa saja yang ada di pikiran kita pada saat kita bertemu dengan sebuah masalah tersebut.

Ketika kita mampu mengevaluasi diri dan mulai memahami bagaimana cara kita menyikapi sebuah masalah, bagaimana pola pikir kita ketika kita berhadapan dengan sebuah masalah, di titik itulah kita baru bisa mengubahnya.

Jangan menganggap masalah sebagai sebuah beban. Jangan menganggap masalah sebagai sesuatu yang harus kita selesaikan.

Tapi lihatlah masalah sebagai sebuah peluang, sebagai sebuah kesempatan untuk menjadi lebih baik, kesempatan untuk belajar, kesempatan untuk menemukan peluang.

Jika kita melihat masalah sebagai kesempatan sebagai cara Tuhan untuk memperbaiki kita, sebagai solusi untuk membuat kita menapak lebih tinggi, maka di titik ini ketika kita bertemu dengan masalah, kita selalu yakin bahwa ada kesempatan yang akan kita temui.

2. Ubah mindset tentang kesempatan

Ubah mindset tentang kesempatan

Hal kedua, ubahlah mindsetmu tentang hilangnya sebuah kesempatan. Jika kamu kehilangan sebuah peluang, kamu mengalami kegagalan, kamu tidak mampu memanfaatkan sebuah kesempatan, jangan menyerah, jangan putus asa!

Jangan pernah berpikir bahwa kesempatan itu hanya sekali. Selalu ada kesempatan, selalu ada peluang. Satu pintu tertutup, seribu pintu pasti akan terbuka.

Pada akhirnya, semua kembali pada kita, semua kembali pada Anda. Apakah Anda akan merengek terus meratapi pintu yang telah tertutup itu atau kemudian berdiri di depannya, mundur beberapa langkah untuk kemudian menemukan pintu-pintu lain yang sudah terbuka.

Pahamilah bahwa selalu ada kesempatan dan semua tergantung pada bagaimana sudut pandang kita.

3. Ubah mindset terhadap diri sendiri

Ubah mindset terhadap diri sendiri

Hal ketiga yang harus kamu perbaiki tentang mindset adalah, ubahlah mindset negatif terhadap dirimu sendiri.

Kadang kita mempersepsikan diri kita sebagai seseorang yang negatif, pemalas, mudah menyerah, gagal, selalu sial, sulit belajar, atau berbagai perspektif dan penilaian negatif lain tentang dirimu.

Sebenarnya, sebelum kita mengubah mindset tentang bagaimana cara kita melihat dunia, hal yang lebih penting dan wajib kita lakukan adalah mengubah mindset kita terhadap diri kita sendiri.

Jika kamu ragu terhadap dirimu, maka siapa yang akan percaya terhadap kemampuanmu. Jika kamu merasa tak mampu, maka bagaimana mungkin kamu mampu melangkah.

Kamu harus melihat dengan penuh rasa positif terhadap dirimu. Daripada kamu melihat dirimu sebagai orang yang gagal, lebih baik kamu melihat dirimu sebagai seorang pejuang yang terus berjuang.

Daripada kamu melihat dirimu sebagai orang yang bodoh, lebih baik lihatlah dirimu sebagai orang yang serius dalam belajar.

Mulailah memetakan persepsi-persepsi negatif terhadap dirimu dan temukan cara sudut pandang yang jauh lebih positif tentang kita.

Mengubah persepsi terhadap diri, mengubah mindset dan penilaianmu terhadap dirimu sendiri ini sangat-sangat penting.

Jika kita mampu mengubah ini, maka cara kita dalam mengambil keputusan berubah, tindakan kita berubah, dan kemungkinan besar pencapaian kita akan jauh lebih baik.

4. Ubahlah mindset tentang kesuksesan

Ubahlah mindset tentang kesuksesan

Apa sih sukses itu? Jika kamu mendefinisikan sukses itu nanti, maka ubahlah sukses itu sekarang. Jika kamu menganggap sukses itu adalah hal besar, maka ubahlah sukses itu hal kecil.

Selama kamu mampu melakukan hal yang benar di saat yang tepat di hari ini juga, maka itulah sukses.

Jika kamu menganggap sukses adalah hasil, maka coba perbaiki sukses itu adalah proses sementara hasil adalah bonusnya.

Kita juga harus memperbaiki pemaknaan dan definisi tentang sukses, indikator yang kita pakai untuk memaknai diri kita bahwa kita adalah orang-orang yang sukses ini penting.

Kita harus merasa sukses hari ini juga agar kita mampu berpersepsi positif terhadap diri. 

Jika kita selalu menganggap bahwa diri kita belum sukses, kita gagal, kita belum mampu meraih kesuksesan, ini punya potensi untuk memperburuk persepsi terhadap diri kita sendiri.

Kita harus yakin hari ini, ketika kita berproses dengan baik maka besok kita pasti akan sukses.

5. Ubahlah persepsi kita tentang uang

Ubahlah persepsi kita tentang uang

Perbaiki mindset kita tentang bagaimana cara kita melihat uang. Jangan terjebak untuk mencari banyak uang, tapi fokuslah pada bagaimana menciptakan mesin uang.

Orang yang hanya berpikir untuk mencari uang, mereka hanya ingin kaya. Sementara orang yang berpikir untuk menciptakan mesin uang, mereka sedang berproses membangun kekayaan.

Kaya dan kekayaan itu berbeda, kaya itu tentang berapa banyak uang yang kamu punya. 

Sementara kekayaan terkait dengan bagaimana caramu membuat uang bisa hadir. Kekayaan bisa hadir kepadamu dengan sebuah sistem, dengan mesin, dengan sebuah cara yang baik.

Itulah 5 mindset yang jika kita mampu mengubahnya maka kita pasti akan mendapatkan hidup yang jauh lebih baik.